Lakukan Cara Praktis Ini untuk Kurangi Limbah Makanan di Rumah (1)

Fran Sisca - detikFood Rabu, 15 Jun 2016 12:06 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Sisa makanan dari rumah tangga menjadi penyumbang terbesar limbah makanan. Dengan hal-hal kecil yang dilakukan rutin, limbah ini bisa dikurangi.

Perserikatan Bangsa Bangsa telah melakukan gerakan pengurangan limbah makanan secara serius. Ini karena hampir setengah bagian makanan di dunia terbuang percuma tanpa sempat dikonsumsi. Padahal jumlah orang yang tak bisa makan dengan layak di dunia terus bertambah.

Makanan segar seperti sayuran dan buah segar bisa dihambat proses pelayuan atau pembusukannya dengan cara sederhana. Meskipun harganya relatif murah, hal ini juga bisa mengurangi pemborosan.

Beberapa cara sederhana yang direkomendasikan Today (10/06) bias dipraktekkan sehari-hari. Terlihat sederhana tetapi bisa jadi lebih hemat.

1. Mencegah sayuran layu
Sebaiknya simpan sayuran tanpa dicuci agar tak cepat busuk. Jika sudah dicuci, lap segera dengan tissue dapur agar kering. Air dapat memberi kesegaran sayuran lebih lama dan mencegah layu.
2. Mencegah buah berjamur
Jenis buah berries mudah sekali busuk jika terkena panas dan air. Sebaiknya jika akan disimpan, bairkan dalam kemasanannya dan simpan dalam lemari es.
Agar tahan sedikit lebih lama, rendam berries dalam air yang diberi sedikit cuka. Tiriskan dan lap hingga kering lalu simpan dalam keranjang atau wadah berlubang agar tak cepat busuk.

3. Simpan herba segar seperti bunga
Siapkan gelas atau vas berisi air. Taruh herba segar seperti daun peterseli, ketumbar, daun bawang ke dalam wadah tersebut seperti layaknya bunga segar.
Atau cincang rempah kasar-kasar dan taruh dalam cetakan es batu, lalu isi dengan air dan bekukan.

4. Gunakan kain tipis
Kain katun tipis berserat atau cheesecloth sangat cocok untuk penyimpanan keju tua. Pertama-tama, buang bungkis plastik atau kertas lilin pada keju, kemudian bungkus keju dengan kain katun tipis dan simpan dalam kulkas. Sirkulasi udara dari lubang serat kain dapat membantu menjaga kesegaran.

5. Taruh jamur di tempat gelap
Lap jamur hingga bersih lalu masukkan ke dalam kantong kertas cokelat yang dilubangi. Atau bungkus kertas dan simpan di tempat gelap dan sejuk. Lebih baik lagi jika disimpan di dalam kulkas. (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com