Yuk, Buat Es Palu Butung yang Segar untuk Buka Puasa

Maya Safira - detikFood Minggu, 12 Jun 2016 14:13 WIB
Foto: Detikfood/Detiktravel
Jakarta - Berbuka puasa paling enak dengan es segar. Seperti es palu butung khas Makassar yang manis dengan isian pisang. Tentunya nikmat sekaligus mengenyangkan!

Es Palu Butung dari Sulawesi Selatan kerap dijadikan sajian buka puasa. Pisang jadi bahan utama dessert, dilengkapi bubur sumsum dan sirup merah. Tampilannya tak berbeda jauh dengan es pisang ijo. Namun es palu butung lebih praktis karena pisang tak perlu dibungkus lapisan dadar hijau.

Tertarik membuatnya untuk buka puasa? Yuk ikuti langkah berikut.

1. Siapkan bahan



Untuk membuat es palu butung diperlukan 4 buah pisang kepok kuning yang tua, 50 gr tepung beras, 1 sdm tepung terigu, 600 ml santan dari 1/2 butir kelapa, 1/3 sdt vanili bubuk, 2 lembar daun pandan, 50 gr gula pasir, 1/2 sdt garam, sirup merah dan es batu.

2. Kukus pisang
Kukus pisang kepok bersama kulitnya 30 menit sampai matang. Setelah dingin, kupas kulit pisang. Potong-potong pisang, sisihkan.

3. Buat bubur sumsum



Larutkan tepung beras dan tepung terigu dalam setengah bagian santan, sisihkan. Lalu campur sisa santan, daun pandan yang sudah disimpulkan, garam dan gula pasir. Masak menggunakan api sedang sambil diaduk perlahan hingga mendidih.

Tambahkan larutan tepung beras dan tepung terigu ke dalam santan mendidih, campur rata. Masak terus sambil diaduk sampai adonan mengental dan matang. Terakhir, masukkan vanili, aduk rata. Angkat.

4. Sajikan


Siapkan beberapa mangkuk saji. Tuang bubur ke dalam mangkuk, beri potongan pisang dipermukaannya. Lalu siram sirup dan tambahkan es batu. Sajikan dingin. (msa/odi)