Rekomendasi Makan Siang

Lamaknyo Gulai Tunjang dan Nasi Pulen di 5 Tempat Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 02 Mei 2016 11:18 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Kuliner Minang tak pernah gagal menggoda selera makan. Diracik dengan bumbu dan kuah santan kental ditambah potongan tunjang yang kenyal membuat santap siang semakin nikmat.

Tunjang atau kikil menjadi salah satu bahan baku gulai dalam masakan Minang. Hidangan ini banyak peminatnya, sehingga mudah ditemukan saat berkunjung ke rumah makan khas Minang.

DetikFood telah merangkum lima tempat yang punya sajian gulai tunjang enak.

1. Bopet Mini

Berada di kawasan Bendungan Hilir, Bofet Mini jadi rumah makan Minang yang wajib masuk dalam daftar tempat makan siang kali ini. Tak hanya sajikan sate dan soto Padang, ada juga gula tunjang berkuah santan dengan warna kemerahan yang enak disantap dengan nasi hangat plus sambal ijo.

Bopet Mini
Jl. Bendungan Hilir Raya
Jakarta Selatan
Telp: (021) 5700282



2. Indah Jaya Minang

Bagi Anda yang berkantor di kawasan Alam Sutra, Tangerang bisa mampir ke rumah makan Minang yang satu ini. Sajiannya lengkap, ada rendang daging, rendang ayam, ikan bakar, gulai cubadak, dendeng balado, dendeng batokok dan gulai tunjang yang sedap.

Gulai tunjang dibuat dari kaki sapi. Kuahnya diracik dengan santan dan bumbu halus. Dimasak dengan api kecil hingga santan mengental dan keluar minyak. Kalau menyantap gulai tunjang di sini, Anda akan disajikan dengan nasi yang dibuat dari barek (beras) Solok yang berbulir panjang.

Restoran Indah Jaya Minang
Komplek Ruko Imperial Walk
Jalur Tol Alam Sutra 29C No: 46-48
Alam Sutra-Tangerang
Telp: (021) 53140796 - 53140797

3. Rumah Makan Pagi Sore

Awal bulan, paling enak menyantap sajian lezat bersama keluarga dan teman. Punya beberapa cabang di Jakarta, rumah makan ini punya sajian enak yang bisa puaskan makan siang kali ini. Kalau makan di sini, pelayan akan menaruh piring-piring yang berisi gulai otak, rendang daging, ikan bilis goreng, ayam pop, lado mudo dan gulai tunjang. Tunjang yang disiram dengan kuah santan yang kental sangat pas disantap dengan nasi hangat dengan tambahan sayur serta sambal. Sedap!

Rumah Makan Pagi Sore
Jl. Cipete 2 No, 1
Jakarta Selatan
Telp: (021) 7667000



4. Simpang Raya

Selain makanan yang kaya rempah gurih, gulai tunjang dengan kuah santan merah yang cukup kental juga bisa dicoba di sini. Santan dan minyaknya yang terpisah dengan jejak rasa asam kandis yang segar plus wangi aroma daun jeruk dan kunyit sangat enak disantap dengan nasi siang ini.

Simpang Raya
Jl. Margonda Raya No. 264
Depok
Telp: (021) 7520512

5. Sari Indah
Berada di kawasan Senopati dan Bintaro, Sari Indah sajikan gulai tunjang yang wajib dicoba. Gulai tunjang berkuah gurih kental dan bercitarasa rempah dengan tekstur yang lembut kenyal bisa dicoba. Selain itu, ada juga ikan bilis dan juga dendeng balado yang enak dipadukan dengan gulai.

Sari Indah
Jl. Wolter Monginsidi No. 42-44
Jakarta Selatan
Telp: (021) 72780000 (lus/odi)