Inilah 8 Fakta Menarik Tentang Ramen yang Perlu Anda Ketahui (2)

Maya Safira - detikFood Senin, 02 Mei 2016 10:10 WIB
Foto: iStock/SoShiok
Jakarta - Meskipun asli dari Jepang, ramen kini populer di dunia. Tak banyak yang tahu bahwa awalnya hidangan ini dibuat dari sisa bahan makanan.

Siapa yang tak kenal ramen. Mie asal Jepang ini telah mendunia. Bisa ditemui dimana saja. Meski begitu, ternyata ramen juga punya banyak fakta menarik. Soshiok (17/04) merangkum keunikan dibalik semangkuk ramen.

5. Punya bahan rahasia


Mie untuk ramen punya tekstur enak. Bahan rahasia pembuatan mie adalah kansui atau air alkali. Penggunaannya membuat mie tetap kokoh sekaligus kenyal. Kansui juga mencegah mie jadi lembek.

6. Memakai makanan sisa
Awalnya ramen dibuat memakai makanan sisa untuk mencegah pembuangan. Ramen baru benar-benar menarik perhatian warga Jepang setelah Perang Dunia II. Saat itu tentara Jepang yang kembali dari China mulai membuat mie sendiri dari tepung ransum. Ketika ekonomi negara meningkat tahun 1980an, hal yang sama dialami ramen. Makanan ini pun tak lagi jadi olahan bahan sisa.

7. Mie instan untuk atasi kelaparan
Ramen instan dibuat untuk mengakhiri terjadinya kelaparan. Momofuku Ando, pendiri Nissin Food Products, terinspirasi membuat makanan enak, murah dan tahan disimpan yang pernah banyak dikonsumsi di negaranya selama era pasca perang. Kala itu Jepang masing mengalami kekurangan makanan. Pada tahun 1958, ia pun membuat mie instan. Kini mie kreasinya disebut sebagai penemuan terbesar Jepang di abad 20 yang didapat dari hasil jajak pendapat.

8. Tersedia di vending machine


Mesin penjual otomatis di Jepang memang punya banyak produk unik. Salah satunya ramen hangat dalam kaleng dengan beberapa varian rasa. Mie dibuat dari konjac, bukan gandum. Sehingga bisa tetap kokoh walaupun dikemas dalam cairan kuah. Ramen kaleng bisa ditemui di distrik Akihabara, Tokyo.

(adr/odi)