Inilah 8 Fakta Menarik Tentang Ramen yang Perlu Anda Ketahui (1)

Maya Safira - detikFood Senin, 02 Mei 2016 09:29 WIB
Foto: iStock/SoShiok
Jakarta - Ramen atau mie Jepang banyak digemari orang di dunia. Selain rasanya enak, ternyata ada banyak fakta unik dari semangkuk ramen.

Mungkin Anda termasuk penyuka ramen. Citarasa kaldu gurihnya memang membuat ketagihan. Tapi dibalik kelezatan ramen ternyata ada fakta menarik. Berikut beberapa fakta ramen yang dilansir dari SoShiok (17/04).

1. Datang dari China


Selama ini ramen dikenal sebagai sajian lezat asal Jepang. Namun sebenarnya kehadiran ramen berawal dari China. George Solt penulis "The Untold History of Ramen: How Political Crisis in Japan Spawned a Global Food Craze," menyebut ramen sebagai sup khas China. Masakannya masuk ke Jepang melalui pedagang China di abad 19.

2. Jenis ramen berbeda


Tiap wilayah di Jepang punya variasi ramen berbeda dengan ciri khas tertentu. Ramen di Sapporo, contohnya, dikenal dengan rasa kuah kental berbasis miso. Sementara ramen Tokyo memakai kaldu ayam bercitarasa shoyu dan mie bergelombang.

3. Memakai bahan umami
Jepang terkenal akan rasa umami atau gurih. Ramen pun menggunakan bahan yang kaya citarasa umami. Bahan penting untuk ramen diantaranya rumput laut dan shoyu yang tinggi glutamat. Sehingga menimbulkan rasa gurih tersebut.

4. Ragam topping


Penyuka ramen tentu tak akan bosan dengan pilihan topping. Sebab ada beragam jenis topping untuk pelengkap ramen. Topping reguler termasuk fish cake, daging babi panggang dan telur. Namun mentega, ayam goreng sampai cokelat juga bisa ditambahkan dalam ramen.

(adr/odi)