10 Cara Sederhana Ini Bisa Anda Lakukan untuk Kurangi Limbah Makanan (1)

Fran Sisca - detikFood Sabtu, 16 Apr 2016 10:58 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Limbah makanan awalnya berasal dari rumahtangga. Kebiasaan praktis bisa dilakukan untuk mencegah limbah makanan bertambah.

Banyak limbah makanan yang berupa bahan makanan layak makan. Menurut Modern Farmer (14/04) 40% dari hasil panen di Amerika tidak sampai ke konsumen, 14% dari pembuangan sampah berupa makanan yang tdibuang. Sementara itu hampir 50 juta orang Amerika rawan pangan. Satu dari delapan orang tidur dalam keadaan lapar setiap malam.

Langkah sederhana dari rumah hingga kebun bisa kita lakukan agar tak banyak makanan layak makan terbuang sia-sia.

1. Belanja


Sangat disayangkan apabila bahan bahan pokok makanan yang dibeli hanya disimpan di lemari es hingga basi atau busuk, sehingga harus dibuang. Gunakan cara lama, membuat daftar belanja sebelum berbelanja. Belilah yang memang dibutuhkan. Kini juga tersesia aplikasi mobile untuk mencegah belanja makanan berlebihan.

2. Pilih kualitas daripada kuantitas
Kualitas makanan yang baik adalah berbahan segar dan diproses secara organik yang mungkin harganya lebih mahal. Namun, di sisi lain dapat mengurangi limbah dalam meningkatkan kesehatan.

3. Produk cacat


Beberapa toko pastinya tidak akan meletakkan bahan pokok makanan yang memiliki noda, terlalu masak, ukuran lebih kecil di rak terdepan. Padahal buah cacat atau sedikit terlalu masak masih punya nilai gizi dan harganya murah. Karenanya jenis produk cacat layak dikonsumsi dan bahkan menjadi tren untuk dikonsumsi.

4. Mengatur isi kulkas
Prinsip teknik pengolahan First In First Out (FIFO) membantu dalam mengurutkan daftar bahan pokok makanan yang dapat bertahan lama. Secara praktis, bahan makanan baru disimpan di bagian belakang rak kulkas. Makanan lama ditaruh di depan sehingga terjadi rotasi dan mengurangi limbah makanan.

5. Daur ulang makanan
Sup dan tumisan bisa dibuat dari makanan sisa. Sisa daging rendang atau ayam goreng bisa diolah jadi nasi goreng atau mie gorang. Tulang-tulang ayam bisa direbus jadi kaldu yang enak. Bisa dibekukan agar siap olah di lain waktu. Buah yang sudah agak matang bisa dibekukan dan diolah jadi smoothies enak. (adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com