Gurih Lembut Kuning Telur Asin yang Populer

Bikin Sendiri Saus Kuning Telur Asin Enak untuk Cocolan

Maya Safira - detikFood Kamis, 24 Mar 2016 15:24 WIB
Foto: The Straits Times
Jakarta - Saus dari kuning telur asin kini banyak digunakan sebagai isian pastry hingga cocolan makanan ringan. Tak sulit jika ingin membuat olahan saus telur asin sendiri.

Di Singapura, banyak kafe dan restoran berlomba-lomba menyediakan menu unik dengan kuning telur asin. Seperti kafe Sin Lee Foods yang punya sajian populer ubi goreng dengan saus kuning telur asin.



Kepada The Straits Times, chef Sean Lim pemilik Sin Lee Foods membagikan resep saus telur asinnya. Bahannya mudah ditemui dan cukup praktis untuk diolah di rumah.

1. Siapkan bahan



Untuk membuat saus telur asin diperlukan 500 gr kuning telur asin, 600 gr mentega tawar biarkan dalam suhu ruang hingga agak lunak, potong kecil, 270 ml susu full cream, 5 gr gula pasir, 5 gr garam, dan 5 gr bubuk cabai.

2. Masak kuning telur



Panaskan kuning telur asin dalam microwave oven memakai panas tinggi selama dua menit. Bisa juga dikukus sampai matang. Kemudian lumatkan kuning telur berbentuk pasta halus, sisihkan.

3. Buat adonan



Tempatkan potongan mentega dalam panci, masak di atas api sedang. Biarkan mentega meleleh, aduk. Ketika sudah meleleh sepenuhnya, kecilkan api dan masukkan kuning telur dalam panci. Aduk menyeluruh selama dua menit.

Tambahkan susu, gula, garam dan cabai bubuk dalam adonan. Aduk kembali selama dua menit sampai tercampur rata.

4. Blender



Masukkan adonan ke dalam blender listrik atau gunakan hand blender selama tiga menit. Sampai adonan jadi halus dan berair seperti tekstur saus. Sisihkan.

5. Sajikan



Jika sudah dingin, sajikan saus kuning telur asin bersama hidangan favorit. Seperti ubi goreng, kentang goreng dan lainnya.

(msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com