Cinta Makanan? 9 Profesi di Bidang Makanan Ini Mungkin Cocok untuk Anda! (1)

Ellia Avrizella Quenda, Ellia Avrizella Quenda - detikFood Rabu, 23 Mar 2016 09:45 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta -

Industri makanan menawarkan puluhan profesi yang menyenangkan. Selain menjadi ​chef​​​, adapula pekerjaan yang bisa sekaligus menyalurkan hobi Anda.

​Industri k​uliner saat ini mampu memberikan beragam peluang yang menggiurkan​. S​eperti profesi sebagai food blogger, food styli​st​, food photohrapher, dan masih banyak lagi.

​Situs ​N​Dtv​.com (21/03)​ memberikan rekomendasi ​9 profesi menyenangkan di bidang industri makanan.​ Mungkin saja Anda tertarik mendalaminya.​

1. Food Photography and Styling
Munculnya media sosial membuka peluang besar bagi bisnis media makanan. Ternyata, food photography and styling ini adalah profesi dengan peminata​a​n paling tinggi bagi konten visual makanan di Instagram dan Pinterest.

Food stylists mampu menciptakan tampilan makanan yang menarik dan lezat untuk difoto di majalah, koran, buku, televisi, atau iklan.

Namun, pekerjaan ini tidak bisa dianggap mudah​. ​Dibutuhkan keterampilan artistik, perhatian dan detail dalam melihat kemampuan memasak, serta memahami bahan makanan.

Untuk bisa bertahan dan mengembangkan karir sebagai food stylists dan food photographer​, dibutuhkan passion, kreativitas, dan ketrampilan yang baik.

Tak jarang seseorang menjalani profesi sebagai food stylists secara independen atau bahkan mampu menjalani keduanya.

Foto: Thinkstock

2. Food Writing and Editing
Bila Anda memiliki keahlian di bidang menulis dan tertarik di dalam bidang kuliner, maka Anda bisa mencoba menjadi food writ​er atau penulis makanan​​​. Profesi ini biasanya sangat dibutuhkan di media digital, televisi​ dan ​cetak.

Peminatan ​jasa ​kuliner di bidang menulis ini biasanya meliputi, food writer​​, content developer, dan editor. Tanggung jawab jurnalistik kuliner pun bervariasi.

Yang menyenangkan dari profesi ini ialah Anda bisa bekerja santai di rumah, baik part time atau full time. Anda juga bisa menjadi freelance writer yang tidak perlu sibuk untuk terus berada di kantor.

Foto: Thinkstock

3. Wine, Beverage & Mixology
Seiring berkembangnya zaman, jenis profesi ini mulai terdengar dan kini cukup diminati. Wine, Beverage & Mixology merupakan karir yang berasal dari segmen yang berkembang dari bidang kuliner yang lebih luas.

Misalkan saja India yang mulai terbiasa dengan gagasan 'pairing' pada makanan dan minuman. Kini, produksi minuman juga semakin melambung di India.

Bisnis minuman menjadi sektor yang sangat besar di pasaran perhotelan. Bartender, Sommelier, Mixologist​ atau Wine bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tertarik dengan profesi ini. ​Pekerjaan mencampur, mencicipi dan memadu padan minuman menjadi menarik banyak orang.​



4. Food Blogging dan Insta Blogging
Blog merupakan salah satu sarana bagi mereka yang senang membagi hal yang disukai di dunia maya seperti media sosial. Jika Anda pintar dalam membaca peluang bisnis, maka hobi Anda ini bisa sangat menguntungkan.

Keuntungan ini bisa memudahkan Anda, karena dengan hanya membahas satu topik yang dikuasai tentang makanan bisa memperoleh penghasilan.

Menjadi seorang blogger dibutuhkan keberanian dalam berkreasi, bereksplor​asi ​dan bereksperimen dalam hal menulis mengenai segala macam masakan yang berbeda.​ Termasuk juga membuat foto-foto makanan dan minuman yang menarik untuk diunggah di blog atau sosial media.​



5. Experiential Catering
K​atering bisa dikatakan sebagai pangsa pasar yang paling diminati bagi industri makanan. Hal ini juga bisa dikatakan sebagai yang paling fenomenal selama bertahun-tahun.

Terbukti dari banyaknya kebutuhan akan katering yang biasa diadakan acara untuk pernikahan, syukuran, makan siang, makan malam, dan lain sebagainya. Membuka usaha katering tidak membutuhkan banyak modal dibandingkan bila Anda ingin membuka sebuah restoran.

Usaha katering juga bisa beroperasi dengan cara menyewa dapur atau bahkan di rumah sendiri, sehingga akan menghemat biaya pengeluaran. Tidak perlu jago memasak, katering hanya membutuhkan massa yang memiliki pengalaman memasak yang sesuai standar.

(lus/odi)