Cantiknya Korean Flower Buttercream

Membentuk Buttercream Menjadi Flower Blossom yang Cantik!

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 17 Mar 2016 16:19 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Bunga identik dengan wanita, keindahan dan romantis. Selain dapat memberikan bunga segar, Anda juga bisa berkreasi membentuk buttercream jadi bentuk bunga yang cantik untuk hiasan cake.

Tren hiasan bunga pada cake semakin populer 2 tahun belakangan. Berbeda dengan gaya Eropa, menghias bunga dengan buttercream a la Korea ini memiliki bentuk bunga yang lebih rumit dengan warna yang lebih soft.

"Kita sebutnya Floral Buttercream Cake. Karena alat-alat untuk membentuk bunganya tidak harus dari Korea," tutur Ferlin L. Hakim, pemilik dari Lulu & Kayla Cakes.


Salah satu yang paling populer untuk Korean Buttercream Cake ini adalah buttercream berbentuk Mawar, Ranunculus dan Pioni. "Untuk membentuk bunga Pioni, kita membutuhkan nozzle dengan jenis khusus dari Korea agar lebih mudah membentuknya. Tapi dengan nozzle lokal Indonesia juga bisa, hanya saja pembuatannya perlu trik agar bentuknya mirip," jelas wanita yang dulunya berprofesi sebagai desainer.

Buttercream yang dibentuk menjadi bunga ini biasanya menggunakan Swiss Meringue Buttercream, Italian Meringue Buttercream atau Fresh Cream.

Kepada detikFood (15/03), wanita yang biasa disapa Lulu ini memberikan tips. "Untuk mencampurkan warna yang bagus sebaiknya jangan bermain pada satu warna. Misalnya saja untuk menghasilkan warna pink yang bagus kita bisa menggunakan warna pink keungu-an hingga pink peach," jelasnya.

Agar tangan kita semakin mahir membentuk bunga diatas flower nail perlu banyak latihan.


Bagi Anda yang ingin belajar, Lulu sarankan untuk membuat Flower Blossom dengan buttercream terlebih dahulu. "Flower blossom bukan jadi basic, tapi karena bentuknya kecil dan tidak bertumpuk sehingga lebih mudah dipelajari," ujar Lulu.

Flower blossom bisa dibuat dengan menggunakan alat-alat seperti nozzel piping untuk flower blossom, flower nail ​atau alas dengan pegangan ​untuk membentuk bunga dan flower scissors (gunting bunga).


Harga yang ditawarkan untuk Korean Buttercream Cake ini dijual dengan harga berkisar antara Rp 850.000 hingga Rp 1.100.000 tergantung dari ukuran diameter cakenya.

Selain Korean Buttercream Cake, Lulu and Kayla Cakes juga menawarkan cake dengan menggunakan cream signature-nya dengan bentuk bunga Rosette yang tak kalah cantik.


(lus/odi)