Italia Ingin Pizza Neapolitan Masuk Warisan Budaya Unesco

Maya Safira - detikFood Minggu, 06 Mar 2016 10:42 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta -

Pizza sudah ​populer di dunia​ sebagai makanan khas Italia. Kini ​Italia​ ingin mengukuhkan Pizza Neapolitan warisan yang diakui Unesco.

Italia mencari status warisan untuk proteksi makanan populernya. The Guardian (04/03) melaporkan negara Eropa itu hendak menjadikan gaya pizzanya sebagai harta global.

Italia mendaftarkan pizza Neapolitan untuk pertimbangan Unesco tahun lalu. Kampanyenya didukung dengan petisi yang mencapai 850.000 tanda tangan di seluruh dunia.

Foto: Thinkstock

Komite penyeleksi dari Unesco pun menyetujui pizza Neapolitan sebagai kandidat pengakuan warisan. Mereka mengatakan seni membuat pizza merupakan elemen pusat dari Neapolitan dan identitas Italia. Sekaligus juga merek Italia di seluruh dunia. Adapun keputusan akhir Unesco baru dibuat tahun 2017.

Italia ingin pizza Neapolitan dibedakan dari beragam jenis pizza yang ada di berbagai negara. Misalnya Chicago deep-dish dan New York-style pizza.

Pizza Neapolitan asli harus dibuat hanya dengan adonan dari tepung 00, ragi, garam, dan air. Topping yang dipakai juga sedikit pada pizza.

Agar pizza dianggap otentik gaya Neapolitan, toko pizza di dunia perlu minta persetujuan Associazione Verace Pizza Napoletana. Kelompok nirlaba Italia itu memastikan bahwa pizza dibuat sesuai standar tepat.

Foto: Thinkstock

Sementara itu, Unesco memberikan status ​'​Intangible Cultural Heritage​'​ bagi makanan yang penting untuk warisan dunia dan keragaman budaya sehingga layak mendapat proteksi. Makanan lain yang telah mendapat pengakuan Unesco antara lain kimchi Korea, roti lavash Armenia, gingerbread gaya Kroasia, dan kopi Turki.

(lus/odi)