Jajan Enak di Stasiun Kereta Api

Jangan Lupa Mampir Makan Nasi Kebuli dan Sop Janda di Stasiun Cikini

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 03 Mar 2016 10:55 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Stasiun Cikini berada di dekat Pasar Cikini Gold Center dan beberapa ​h​​otel serta perkantoran. ​Karenanya​ banyak sekali penjaja makanan yang berjualan makanan enak di sekitar stasiun.

Stasiun Cikini terletak di Jalan Cikini Raya, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Sejak pagi hingga malam hari ​s​tasiun Cikini tak pernah sepi. Karena para karyawan hingga konsumen yang ingin berbelanja ke pasar Cikini pasti akan mampir untuk sarapan, makan siang atau sekedar jajan.

Foto: detikFood

Tak jauh dari Stasiun Cikini, Anda akan menemukan Pasar Modern yang menjual beragam keperluan rumah tangga hingga perhiasan. Di​ ​sepanjang jalan antara stasiun dan pasar ada banyak penjual jajanan kuliner legendaris yang sudah ada sejak tahun 80-an seperti es duren 45, cincau jahe, kue Danisa, gudeg bu Harjo hingga penjual kentang hitam rebus.

DetikFood (28/02) mendatangi Stasiun Cikini sekitar pukul 5 sore. Saat itu sudah tidak ada penjual cincau jahe dan juga es duren, pasalnya​ ​ kedua jajanan ini ​hanya dijual di siang hari saja.​

Sore itu, para penjual ​yang berjualan di malam hari mulai ​mendirikan tenda-tenda tempat ia berjualan. Berada tepat dekat pasar Hias Rias Cikini kami melihat penjual bakso dan juga sop buah.

Foto: detikFood

Sop Buahnya (Rp 12.000) berisi potongan semangka, buah naga ungu, melon, alpukat hingga pir. Kemudian disiram dengan sirop merah yang manis dan segar.

Di​ ​se​kitar ​penjual sop buah ada pedagang dim sum, pecel lele, seafood, warung kopi hingga sop saudara. Berjalan sedikit ke depan stasiun tepatnya di depan kantor ESDM juga ada beragam makanan enak dan juga mengenyangkan.

Kami tertarik untuk mencicip nasi uduk plus ayam bakar yang sudah buka sejak tahun 1997. Selain di Cikini, nasi uduk ini juga buka di kawasan seb​e​rang rumah sakit Fatmawati.

Foto: detikFood

Harga yang ditawarkan cukup mahal yaitu sate goreng paru dijual dengan harga Rp 17.000 dan ayam bakar Rp 18.000. Ayam bakarnya memiliki tekstur yang empuk dan enak disantap dengan nasi uduk hangat. Ditambah dengan cocolan sambal merah yang pedas mantap!

Selain itu, kami juga​ penasaran dengan​ Sop Janda Cikini yang juga berada tepat di depan kantor ESDM. Seporsi sop janda berisi isian lengkap seperti bakso, telur puyuh, kacang merah hingga potongan daging iga.

Foto: detikFood

​Kalau ingin lebih kenyang, ada n​asi kebuli ayam yang gurih. Nasi berempah disajikan dengan ayam berbumbu santan, acar dan emping. Nasi kebuli ayam dijual dengan harga Rp 22.000 sedangkan Sop Jandanya dijual dengan harga Rp 24.000.

Berjalan sedikit ke arah Pasar Cikini ada penjual mie ayam dan juga soto ayam yang gurih mengenyangkan. Dengan banyaknya pilihan makanan, siapapun yang melewatinya tentu bisa makan enak sepulang kerja.

(lus/odi)
Load Komentar ...