Sajian Spesial Valentine

Makanan Gurih Juga Enak Dipadu dengan Cokelat

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 14 Feb 2016 15:20 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - ​Cokelat dalam bentuk permen, kue kering atau cake biasa dipilih untuk Valentine​. Tapi pernahkan Anda menikmati mie goreng, ramen, takoyaki hingga ayam goreng berlapis cokelat?

Perpaduan antara gurih dan manis ternyata bisa diterima oleh lidah. Menjelang Hari Valentine, masyarakat Jepang sering kali menciptakan sajian cokelat yang tidak terduga. Beragam inovasi dari cokelat dihadirkan untuk menyambut hari kasih sayang.

1. Mie goreng cokelat



Foto: Detikfood
Di Jepang, mie instan muncul dengan rasa cokelat. Dengan merek dagang Chocolate Sauce Ippei-chan Yomise no Yakisoba, cokelat dicampurkan dengan saus yang terbuat dari bubuk cocoa, kedua mie dituangi dengan saus cokelat manis dan diberi topping chocolate chips.

Berbeda dengan Jepang, Indonesia juga punya sajian mie goreng gurih dengan tambahan cokelat. Bedanya, jika di Jepang citarasanya jadi manis. "Di Kampung Coklat, Blitar, pembuatan mie ditambahkan dengan bubuk cokelat sehingga tastenya tidak manis. Bubuk cokelat ditambahkan untuk menghasilkan warna cokelat alami," jelas Akhsin Al Fata, selaku Operational Manager Kampung Coklat pada detikFood (10/02).

Adonan mie cokelat yang sudah direbus kemudian ditumis dengan bumbu serta pelengkap lainnya yaitu orek telur, bawang goreng dan kerupuk pangsit. Seporsi mie cokelat dijual dengan harga Rp 7.000.

2. Ramen cokelat



Foto: Rocketnews24
Kuah ramen biasanya menggunakan kaldu sapi, babi ataupun seafood. Salah satu restoran di Jepang, membuat sajian ramen dengan tambahan cokelat secara khusus untuk hari Valentine. Potongan cokelat akan leleh bersama kuah kaldu dengan tambahan mie kenyal, potongan daging dan taburan irisan daun bawang.

3. Takoyaki cokelat



Foto: Rocketnews24
Patissier asal Jepang, Aoki Sadaharu membuat sajian takoyaki spesial di hari kasih sayang ini. Pasalnya, takoyaki yang ia buat tidak ditambahkan dengan potongan gurita tapi diisi dengan molted chocolate cake yang dibentuk bulat dengan adonan takoyaki. Dan diberi taburan macaron serta siraman saus cokelat yang pekat dan legit.

4. Ayam goreng lapis cokelat



Foto: Rocketnews24
Ayam goreng berlapis tepung renyah dengan cocolan saus pedas sudah biasa. Jepang tak ada bosan-bosannya untuk menciptakan sajian 'aneh' dengan paduan cokelat di hari Valentine. Di negeri sakura ini, hari valnetine menjadi hari dimana wanita memberi cokelat spesial untuk pria pilihannya. Ayam goreng tepung bisa dibuat sendiri di rumah dengan melapisi cokelat leleh dan membungkusnya dengan cantik sebagai hadiah.

5. Kentang goreng cokelat



Foto: cbcnews
Mc Donalds Jepang pernah meluncurkan kentang goreng dengan tambahan saus cokelat. Kentang goreng yang gurih renyah ternyata sangat enak disantap dengan lelehan cokelat putih dan dark chocolate.

(msa/odi)