Sajian Spesial Valentine

Ayam Goreng Lapis Cokelat Jadi Hadiah Unik di Jepang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 12 Feb 2016 07:18 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Ayam goreng berlapis cokelat bisa jadi kado valentine unik. Gurihnya ayam berpadu pas dengan manisnya cokelat. Sajian inipun mudah dibuat sendiri di rumah!

Di Jepang hari Valentine adalah saatnya wanita memberi cokelat spesial untuk pria pilihannya. Alih-alih membuat cokelat sendiri atau membeli cokelat mahal, reporter Rocket News 24 (09/02) menyarankan pemberian ayam goreng cokelat. Selain mudah dibuat, sajian unik ini diyakini lebih puaskan selera makan pria.




Ayam goreng berlapis cokelat atau Choco-Kenta dibuat dari fried chicken gerai fast-food ternama dan cokelat susu leleh. Reporter Rocket News 24 yaitu Mr. Sato menggunakan ayam Original Recipe KFC dan beberapa batang cokelat susu.

Menurutnya pemilihan merk cokelat tidak pengaruhi rasa, namun ia tidak menjamin bila Choco-Kenta dibuat selain dari jenis ayam goreng yang digunakannya.




Untuk membuatnya, cincang kasar cokelat batangan lalu tempatkan dalam mangkuk besar. Lelehkan cokelat dengan cara menempatkan mangkuk tersebut dalam mangkuk lain yang lebih besar berisi air panas. Atau gunakan microwave. Namun bila menggunakan microwave, waspadai cokelat gosong.




Setelah itu, oleskan lelehan cokelat pada seluruh permukaan ayam menggunakan spatula karet. Biarkan sebentar hingga cokelat sedikit mengeras. Mr. Sato tidak menyarankan penyimpanan ayam dalam kulkas karena cokelat akan membeku sehingga sulit dimakan.

Meski awalnya meragukan paduan rasa gurih pada ayam dan manisnya cokelat, Mr. Sato mengatakan rasanya cukup enak alias tidak terlalu buruk.



(adr/odi)