Minuman Penghangat Badan

Tambahkan 5 Bahan Ini Agar Susu Hangat Makin Enak

Maya Safira - detikFood Selasa, 19 Jan 2016 19:14 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Susu juga cocok dinikmati panas. Jika bosan meminum susu putih biasa, tambahkan saja beberapa bahan agar makin enak.

Menikmati susu hangat saat cuaca dingin tentunya terasa nikmat. Apalagi susu juga kaya akan vitamin dan mineral. Bila ingin memberi variasi rasa pada susu putih, coba racik dengan tambahan bahan ini.

1. Madu



Pemakaian madu dalam susu bisa memberi citarasa manis enak. Madu pun sudah banyak diketahui memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti antioksidan. Tentunya penggunaan madu asli lebih baik dibanding gula. Cobalah tambahkan 1 sdm ke dalam 250 ml susu panas.

2. Kayu manis



Kayu manis memiliki aroma sedap yang membuat kue dan minuman makin nikmat. Susu hangat pun cocok jika diberi tambahan kayu manis. Rebuslah susu dan bubuk kayu manis secara bersamaan. Tambahkan madu atau gula jika suka.

3. Cokelat



Susu cokelat jadi citarasa klasik dan favorit banyak orang. Untuk membuatnya Anda bisa memakai cincangan dark chocolate maupun hot chocolate. Kalau mau lebih cepat dan praktis, tambahkan saja bubuk cokelat saat merebus susu. Jika suka, beri beberapa buah marshmallow sebagai topping susu cokelat. Resepnya bisa dilihat di sini

4. Jahe



Selain kayu manis, jahe juga banyak dipakai dalam susu panas. Contohnya saja minuman STMJ (Susu Telur Madu Jahe) atau wedang susu jahe. Tinggal tambahkan potongan jahe yang sudah dimemarkan ke dalam rebusan susu. Biarkan mendidih selama 5 menit. Kemudian saring dan tuang dalam gelas. Beri rasa manis dengan gila putih atau gula palem.

5. Matcha



Rasa teh hijau masih tren sampai sekarang. Cobalah sesekali tambahkan susu hangat dengan bubuk teh hijau, layaknya Green Tea Latte ala kafe. Caranya, rebus susu sampai mendidih. Lalu tambahkan bubuk teh hijau yang sudah diencerkan dengan air. Kocok sampai berbuih dan tercampur rata. Rasa manis bisa didapat dari penggunaan gula, madu atau sirup vanila. Langkah pembuatannya bisa dilihat di sini.

(tan/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com