Setelah 60 Tahun Beroperasi McDonald's Ganti Konsep Desain Interior

Tania Natalin Simanjuntak - detikFood Kamis, 14 Jan 2016 17:08 WIB
Foto: McDonalds
Jakarta -

Kali ini bukan menu terbaru yang diciptakan tetapi tampilan baru. Desain interior dan kemasan baru yang lebih modern dan stylish akan diperkenalkan segera.​

Gerai McDonald's selama ini berisi​ kursi, meja, dinding, dan seragam pegawai berwarna merah dan kuning. ​Kursi-kursi dan tatannanya mirip kafetaria. ​Menyesuaikan dengan perkembangan zaman, ​jaringan restoran cepat saji ini​ akhirnya mengubah konsep desainnya.

“Berbeda dengan konsep sebelumnya yang lebih terasa seperti kafeteria, kini gerai McDonald's di Illinois dan sekitarnya dirancang lebih nyaman dan eksklusif,” ujar Max Carmona, Senior Director McDonald's seperti yang dikutip dari Buzzfeed (14/1). Pilihan warnanya juga tak hanya kuning dan merah saja, tapi juga ada warna-warna cerah yang ​berkesan​ ceria dan artistik.

Proyek desain McDonald's baru ​ini digarap dengan cukup serius. Buktinya, mereka sudah membuat tim desain dari beberapa agensi desain sekaligus. Diantaranya adalah Gensler (Amerika), UXUS (Belanda), dan Juicy (Australia).

Ada beberapa jenis desain yang terwujud di beberapa negara. Ada yang bernama 'Form' dan 'Allegro' dari McDonald's Australia, serta 'Origin' dari Kanada. Ada juga 'Wood+Stone' dari Eropa. Rata-rata semua desainnya punya benang merah ​atau ciri khas​ walaupun ​diaplikasikan​ di negara yang berbeda.

Rancangan terbaru itu mencakup meja, desain dinding, kursi, pencahayaan, dan segala hal dalam ruangan. Warna seperti merah, hijau, coklat, mencerminkan warna-warna hidangan khas McDonald's. T​entunya dengan bentuk yang menyenangkan.

Tak hanya menyentuh interiornya, desain terbaru ini juga ada di dalam kemasan menu McDonald's. Antara lain kantung kertas​, gelas, dan boks yang juga menonjolkan keunikan grafis dengan tipografi McDonald's versi lebih modern.



Merombak desain ruangan secara besar-besaran tentulah membutuhkan biaya yang besar. Apalagi, pemasukan terbesar McDonald's selama ini diketahui sebagian besar dari DriveThru, yaitu sebanyak 70%. Itu berarti, para desainer ini harus bekerja keras menciptakan suasana nyaman bagi setiap pengunjung McDonald's.

Perlahan tapi pasti, desain terbaru dengan ikon Ronald McDonald ini akan tersebar ke semua gerainya di seluruh dunia. Carmona sendiri menyebut konsep desain terbaru ini sebagai konsep 'nyaman nan modern'. M​asih ada nuansa tradisional namun dengan sentuhan modern.

“Pencahayaan juga menjadi kunci desain kami. Dengan pencahayaan yang baik, warna makanan akan semakin baik, dan tampilan makanan akan semakin menggugah. Pengunjung akan merasa senang dan nyaman,” jelas Carmona.



Seperti yang dilansir dair Buzzfeed (14/1) McDonald's akhirnya memutuskan memperbarui tampilan kontennya setelah 60 tahun hadir sebagai restoran makanan cepat saji yang populer. Memilih konsep desain ini pun bukannya tanpa alasan, tapi juga mengikuti selera pasar dan tren masyarakat dunia.

​Kecuali desain interior baru, McDonald's tetap melakukan inovasi menu. Belum lama ini memang McDonald's sedang bereksperimen dengan menu sehat seperti breakfast bowl dengan turkish sausage dan putih telur serta sayur kale, tomat, dan bayam.




(tan/odi)