Inilah Peristiwa Menyentuh Soal Makanan yang Terjadi di Tahun 2015! (2)

ADVERTISEMENT

Inilah Peristiwa Menyentuh Soal Makanan yang Terjadi di Tahun 2015! (2)

Tania Natalin Simanjuntak - detikFood
Rabu, 30 Des 2015 18:38 WIB
Foto: Hungry Forever
Jakarta - Banyak peristiwa penting yang berhubungan dengan makanan terjadi di tahun ini. Tak sedikit diantaranya membuat haru dan membahagiakan banyak orang.

Telah banyak pihak yang melakukan aksi sosial lewat makanan. Membuat puluhan ribu cupcake, memasak untuk anak-anak tunawisma, hingga seorang aktor Hollywood yang berusaha untuk menolong para petani kopi di Ethiopia.


5. Donasi makanan



Foto: mediapoondi.com

Salah satu perusahaan jasa layanan antar makanan, FoodPanda juga ambil bagian dalam bantuan pangan kepada orang yang membutuhkan. Di beberapa negara, FoodPanda membuat kampanye ‘You Say, We Give Campaign’ pada Hari Pangan Sedunia. FoodPanda akan menyumbangkan bahan makanan pokok kepada bank pangan atau pihak yang membutuhkan untuk setiap orang yang meninggalkan komentar di akun jejaring sosial mereka. Cara ini cukup efektif mengingat respon postitif banyak orang yang membanjiri kolom komentar akun FoodPanda.

6. Delegasi PBB



Foto: www.truthrevolt.org

Menangagapi isu krisis pangan yang meluas, Sekjen PBB Ban Ki-Moon pun tak tinggal diam. Pada pertemuan para delegasi tiap-tiap negara, PBB sengaja menyajikan hidangan limbah makanan. Limbah makanan ini bukan tidak layak untuk dimakan, namun bentuknya saja yang kadang tak sempurna. Tercatat 30 pemimpin negara di dunia pun menikmati jamuan hidangan ini. Tampilan makanan tersebut tak terlihat buruk, malah kelihatan lezat dan sehat karena serba vegetarian.


7. Pernikahan



Foto: Hungry Forever

Pernikahan Zoe Loughlin dan Charles Loughlin termasuk unik. Alih-alih menyediakan hidangan mewah, pernikahan ini bertema serba daur ulang, termasuk untuk hidangannya. Mereka menaruh lilin-lilin pada kaleng selai, menaruh bunga pada bekas kaleng kacang, dan papan daur ulang.

Makanannya pun mereka olah dari tempat-tempat yang umumnya sengaja membuang bahan makanan, seperti restoran dan supermarket. Namun, para tamu mengaku menikmati hidangan pernikahan itu karena rasanya yang enak.

Sikap pasangan ini sebenarnya bertujuan untuk mengampanyekan hemat bahan makanan dan agar manusia tak membuang-buang makanan seenaknya.


8. Hugh Jackman



Foto: Hungry Forever

Aktor senior Hollywood ini punya cara sendiri untuk melakukan aksi sosialnya. Ia jauh-jauh terbang ke Ethiopia untuk mempelajari kopi langsung dari petaninya. Ia pun berteman dengan Dukale, sang petani kopi dan membuka Laughing Man Coffee & Tea, sebagai salah satu cara mewujudkan kopi enak kesukaannya sambil menolong para petani kopi di Ethiopia.



(tan/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT