Kue Natal Khas Jepang dan Filipina Memakai Buah Segar hingga Santan

ADVERTISEMENT

Sajian Lezat untuk Natal

Kue Natal Khas Jepang dan Filipina Memakai Buah Segar hingga Santan

Tania Natalin Simanjuntak - detikFood
Kamis, 24 Des 2015 13:55 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - ​Seperti halnya makanan, negara-negara di Asia juga punya koleksi kue natal unik. Ada yang mendapat pengaruh dari negara Eropa, ada juga yang punya ciri khas sendiri.

Tradisi makan kue saat hari spesial ​juga dilakukan di​ Asia. Kehadiran kue khas ini semakin menyemarakkan suasana. Berikut ini adalah diantaranya.

1. Jepang



Foto: Thinkstock

Populasi nasrani di Jepang memang hanya 1%, namun suasana natal begitu kental selama bulan Desember. Karenanya, kue​ natalnya​ juga meriah​. Kue natal di Jepang adalah sponge cake dengan frostin​g​ warna putih, dan strawberry merah, dua warna yang kontras.

Kue ini biasanya berbentuk bulat. Bentuk bulat, merah, dan putih sebenarnya melambangkan bendera Jepang dan hal i​ni​ masih dipertahankan sampai sekarang.

2. India



Foto: Thinkstock

Nama kue natal khas India ini unik karena diambil dari nama kota, Allahabad. Kuenya terbuat dari tepung maidaa, telur, mentega, dan manisan buah, jadi mirip fruitcake. Agar tambah enak, Allahabadi memakai rum dan marmalade.

Populasi orang India yang merayakan natal juga tak begitu banyak. Namun, sudah menjadi tradisi bahwa kue ini selalu disantap sebelum dan saat natal tiba.

3. Filipina



Foto: Thinkstock

Ada lagi satu kue khas dari Asia, tepatnya Filipina. Kue bibingka berbentuk bulat dan berwarna kecokelatan, teksturnya lembut karena terbuat dari tepung beras, santan, dan air. Ada juga yang menambahkan telur dan susu agar lebih enak. Bibingka rasanya mirip sponge cake, namun waktu pembuatannya lebih lama karena dipanggang dalam wadah dari terra cota.

Selain itu, bibingka juga banyak macamnya. Ada bibingka galapong, bibingka malagkit yang terbuat dari ketan, Bibingkang Mandaue, dan Bibingkang kamoteng kahoy. Karena penduduknya kebanyakan Katolik, saat natal semua orang nampak sibuk membuat kue ini bersama-sama.

4. Srilanka



Foto: srilankans.com.au

​Dikenal dengan nama Srilanka Fruit Cake​. Rasa dan bentuknya seperti fruit cake atau kue berisi manisan buah. Racikannya selalu sama dari dulu, memakai chow chow atau buah kering yang akan membuat tekstur kue jadi lebih moist. Orang Srilanka juga sering mencampurkan brandy ke dalam kue ini untuk memperkaya rasa.

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT