Bagian Tersembunyi di Dapur Ini Biasanya Sering Lupa Dibersihkan (2)

Tania Natalin Simanjuntak - detikFood Kamis, 03 Des 2015 16:50 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Sudah bersihkah dapur Anda? Tak dipungkiri, dapur adalah bagian paling ​penting​. Walau terlihat bersih, ternyata banyak bagian kecil di dapur yang luput dari perhatian ternyata sangat kotor.

Kotoran di bagian-bagian tersembunyi​ ​berpotensi untuk menjadi sarang kuman, debu, dan bau. Setelah bagian bawah wastafel dan saluran cuci piring, keempat area berikut ini juga menunggu untuk Anda bersihkan!

5. Pemanggang roti atau oven



Alat-alat dapur yang seperti oven, tungku kompor, dan pemanggang roti punya bagian yang lama kelamaan akan berubah menjadi mengendap dan berbentuk menjadi arang. Biasanya ini terjadi dari roti, gula, cokelat, atau selai yang terkena panas dan menjadi gosong. Kerak-kerak ini harus dibersihkan. Bukan dengan cara dikerok, tapi lepaskan bagian tersebut dari mesin, dan rendam di dalam air
​hangat ​bersabun. Setelah ​lunak, gosok​ kotoran dengan sabut sampai bersih.

6. Bagian bawah kompor
Letak kompor dalam dapur biasanya tak pernah berubah. Sekali-sekali, angkat kompor tersebut dan bersihkan bagian bawahnya. Mungkin Anda akan terkejut karena banyak sekali kotoran di​ ​sana. Minyak, remah makanan, serangga mati, dan kotoran lain bisa bersarang di sana. Sebaiknya bersihkan bagian tersebut dengan kain lap basah. Dan, jangan lupa juga untuk membersihkan kompor itu sendiri.

7. Wadah sendok



Sendok dan garpu adalah peralatan makan yang sering dicuci. Namun, bagaimana dengan wadah sendok dan lainnya? Wadah ini bisa jadi jarang dibersihkan​. ​Jika wadah tersebut kotor, sendok yang baru dicuci juga bisa kotor kembali jika di taruh di dalam wadah ini. Sebaiknya, cuci dan keringkan wadah sendok secara berkala.

8. Gelas kaca



Biasanya, setiap rumah punya simpanan gelas kaca yang hanya dipakai ​saat tertentu.​ Gelas kaca yang bertangkai panjang misalnya. Gelas ini tak jarang menjadi sumber debu dan hewan kecil bersarang. Bersihkan gelas ini ​secara berkala​ walau tak dipakai, agar kuman dan debu tak mengendap di dalamnya.

(msa/odi)