Sedapnya Petai dan Jengkol

Petai Juga Jadi Sajian Lezat di Thailand dan Singapura

Tania Natalin Simanjuntak - detikFood Jumat, 27 Nov 2015 16:56 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - ​Petai dikenal sebagai bijian beraroma tajam yang juicy. Bukan hanya di Sumatra dan Jawa, petai juga disukai di berbagai negara di Asia. Diolah jadi masakan sedap! ​
 
Petai atau Parkia speciosa ini sering juga disebut stinky bean. ​Tumbuh​ di dataran Asia, petai ​tidak hanya enak dimakan mentah, di berbagai negara diolah jadi makanan enak​.

1. Indonesia

Tak diragukan lagi Indonesia menjadi salah satu negara yang membuat petai menjadi begitu populer. Petai di Indonesia sering dimasak dengan sambal goreng atau sambal terasi yang dimasak dengan terung hingga hati ayam. Selain sambal, petai juga sering dipadankan dengan nasi goreng, udang sambal, hingga sayur lodeh.
Walau orang Indonesia sudah tahu mengonsumsi petai akan menimbulkan aroma tak sedap, nyatanya petai masih menjadi salah satu hidangan favorit. ​Dari​ warung makan yang sederhana hingga restoran menengah masih mencampurkan petai dalam hidangannya.

2. Malaysia



Foto: Thinkstock
Belum ada teori pasti yang menjelaskan secara detail tentang penyebaran​ petai​. Namun sepertinya petai banyak tumbuh di daerah Melayu. Malaysia menjadi salah satu daerah yang juga menumbuhkan banyak petai. Bahkan, menu khas yang bernama asam petai banyak disukai orang Malaysia. Petai juga dicampur pada udang, ikan tenggiri, sotong, hingga nasi lemak. Petai papan dan petai gajah adalah beberapa jenis petai yang ada di negara ini.

3. Thailand

Foto: Thinkstock
Negeri gajah putih ini punya cara sendiri untuk mengolah petai. Cara menikmati petai yang paling populer adalah dengan daging kari yang kering. Petainya tak dimasak, ​biji petai segar​ dimakan dengan nasi dan daging kari. Petai yang disebut sataw atau sator di Thailand juga enak dibuat goong pad sataw, yaitu udang yang ditumis dengan petai. Rasanya gurih renyah karena tekstur petai tak terlalu berubah. Nyam!

4. Singapura



Foto: Thinkstock
Singapura termasuk negara yang ​multi​ras. Namun, petai tetap jgadi makanan favorit. Contohnya saja petai yang dimasak dengan daging cincang. Di Singapura, petai banyak hadir di restoran peranakan. Selain daging dan udang, Singapura juga mencampur petai dengan cumi, nasi goreng, dan ikan teri.

 

(tan/odi)