ADVERTISEMENT

Restoran Fiktif Dapat Peringkat Tertinggi di TripAdvisor Karena Review Palsu

Maya Safira - detikFood
Senin, 06 Jul 2015 05:33 WIB
Foto: www.eater.com
Jakarta - Review restoran tak selalu benar. Seperti TripAdvisor yang terkena isu pengguna mengunggah review palsu. Sebuah restoran jadi tempat makan peringkat paling tinggi di TripAdvisor, padahal restoran itu tidak ada.

Dari laporan The Independent (30/06), majalah Italia 'Italia a Tavola' berusaha mengungkapkan kekurangan sistem review TripAdvisor. Untuk melakukannya, majalah membuat restoran imajiner dalam situs tersebut.

Restoran dinamai Ristorante Scaletta. Mereka memasukkan 10 review palsu dengan nilai sempurna ke dalam daftar review.

Dalam waktu kurang dari sebulan, restoran yang tidak eksis itu diberi peringkat restoran terbaik di Moniga del Gara. Italia a Tavola mencatat bahwa Ristorante Scaletta sampai mengalahkan restoran lain yang punya menu berharga mahal dan memiliki kebih dari 300 review (201 diantaranya menandai restoran luar biasa).

Majalah Italia a Tavola percaya bahwa ini menunjukkan sistem situs ada kekurangan. Ketika penerbit menghubungi TripAdvisor mengenai pengalaman tersebut, nama restoranpun langsung dihapus.

TripAdvisor menolak sistemnya disebut perlu perbaikan. Tapi Italia a Tavola telah memulai kampanye untuk menekan TripAdvisor agar komen bisa diberikan hanya bila pengguna memberi foto kuitansi yang memastikan mereka makan di sana.

(msa/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT