ADVERTISEMENT

Selai Manis dan Gurih

Vegemite, Selai Gurih Unik Buatan Australia dari Ekstrak Ragi

Maya Safira - detikFood
Rabu, 06 Mei 2015 18:57 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Vegemite merupakan salah satu selai bercitarasa gurih unik. Ekstrak ragi berwarna cokelat pekat ini jadi menu sarapan masyarakat Australia. Vegemite punya aroma khas dengan rasa asin dominan.

Vegemite biasa dioles tipis pada roti panggang yang sudah diberi lapisan mentega atau margarin. Sandwich Vegemite sendiri terbuat dari setangkup roti dengan mentega, Vegemite dan keju. Bahan lain seperti daun selada, alpukat dan tomat juga bisa ditambahkan ke dalamnya.

Vegemite pun bisa dipakai untuk isian pastry, misalnya Cheesymite scroll. Tak hanya itu, Vegemite dapat pula dicampurkan pada pasta, burger, pizza dan casserole.

Melihat sejarahnya, Vegemite pertama dikembangkan oleh Cyril P. Callister di Melbourne pada tahun 1922. Gangguan impor Marmite buatan Inggris setelah Perang Dunia I memicu kelahiran Vegemite.

Perusahaan Australia Fred Walker & Co. memberi tugas pada Cyril untuk membuat selai dari ragi yang dibuang oleh produsen bir. Cyril pun memecah sel ragi yang didapat dari Carlton & United brewery. Ia memakai ekstrak cairan bening dan mencampurnya dengan garam, seledri dan ekstrak bawang bombay. Terbentuklah pasta hitam lengket yang pertama dijual tahun 1923.

Nama "Vegemite" sendiri dipilih melalui kompetisi. Pemenangnya adalah kakak adik bernama Hilda dan Laurel Armstrong dari Albert Park, Victoria. Mereka pun dikenal sebagai "The Vegemite Girls" sepanjang hidupnya.

Sejak penjualannya, Vegemite menjadi selai populer di Australia. Vegemite bahkan sempat jadi ransum tentara Australia pada perang dunia ke-2. Tahun 1940an, Vegemite dikonsumsi 9 dari 10 rumah di Australia.

Salah satu yang membuat Vegemite disukai adalah tingginya kandungan vitamin B. Terutama thiamine, riboflavin, niacin dan folic acid. Namun tak seperti Marmite, Vegemite tidak mengandung vitamin B12.

Meski tak semua orang menyukai rasanya, Vegemite kini diproduksi lebih dari 22 juta botol per tahun. Dengan komposisi hampir tidak berubah dari buatan Cyril, Vegemite dari Kraft melebihi penjualan Marmite dan selai serupa lainnya di Australia.

Sejak tahun 2010, Vegemite juga sudah mendapat sertifikat halal dari Australian Federation of Islamic Councils. Dalam situs resminya disebutkan bahwa produksi Vegemite tidak bersentuhan atau mengandung bahan turunan hewan. Ragi pada produknya juga telah diproses untuk memastikan Vegemite bebas alkohol.

(msa/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT