Martabak Enak

Gurih Berempah Martabak Kubang dari Sumatra Barat

- detikFood Selasa, 04 Nov 2014 18:35 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Sepintas mirip, tapi martabak khas Sumatera Barat ini berbeda dengan martabak telur biasa. Racikan daging kaya rempah berpadu nikmat dengan adonan telur dan kulit martabak gurih. Tambah sedap dicocol bumbu celupan berbahan kecap nikmat!
 
Hidangan pedas dan gurih seperti rendang hingga gulai menjadi salah satu ciri khas masyarakat Minang. Salah satu hidangan dari Sumatra Barat yang cukup populer di Indonesia adalah Martabak Kubang.
 
Martabak Kubang biasanya dikenal dengan martabak Mesir. Tapi, asal- usul martabak berukuran besar ini ternyata tidak menyinggung negara Piramid tersebut melainkan sebuah daerah bernama Kubang, Kecamatan Guguk, Kabupaten Lima Puluh Kota.
 
Racikan martabak telur tersebut di pertama kali diperkenalkan ke masyarakat Sumatera Barat oleh keturunan Arab dan India. Sejak saat itu banyak pedagang martabak dihubungkan oleh kedua etnis tersebut oleh masyarakat setempat. Akhirnya salah kaprah mereka disebut sebagai 'orang Mesir'. Hal ini yang menyebabkan martabak dari daerah tersebut umum disebut Martabak Mesir.
 
Serupa tapi tak sama, ternyata martabak ini mempunyai ciri khas sendiri dibandingkan martabak telur asal Bandung. Adonan kulit terbuat dari tepung terigu, air, telur, dan garam yang diuleni hingga kalis. Adonan didiamkan beberapa jam. Saat akan diisi, adonan lalu dibanting-banting hingga melebar dan tipis. Saat digoreng kulit terasa renyah dan garing.
 
Sementara adonan isiannya cukup menarik karena memadukan kuliner dari Timur Tengah dan Minang. Daging yang dipakai untuk isian adalah cacahan daging rendang atau daging sapi yang ditumis dengan rempah.
 
Untuk adonan isian, daging rendang dicampurkan dengan daun bawang, bawang putih, dan telur hingga rata. Isian pun dituangkan di atas kulit martabak yang tengah digoreng di atas wajan bsi datar berukuran besar dan dimasak hingga matang.
 
Kuahnya asam segar berbahan kecap. Terdapat berbagai variasi kuah, tapi ada beberapa bahan yang selalu dipakai kecap manis, air asam Jawa, potongan tomat segar, dan cabai rawit. Hmmm... rasanya pedas, manis, dan asam!
 
Di Padang dan Bukittinggi, RM Hayuda dari Hayuda Yusri Darwis menjadi juara dalam menyajikan Martabak Kubang. Tapi, di Jakarta Anda juga masih bisa mencicipi hidangan ini di Martabak Kubang Jl. Dr. Saharjo no. 98, Jakarta Selatan dan Jl. Biak, Roxy, Jakarta Barat. Ada juga Martabak AA
di Jl. Minangkabau No.29A, Jakarta Selatan.



(fit/odi)