Jangan Dibuang, Biji Melon Bisa Jadi Camilan Bergizi

- detikFood Minggu, 31 Agu 2014 15:52 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Melon paling enak disantap di siang hari ketika cuaca sedang terik. Kandungan air dalam daging buahnya yang manis dapat menghilangkan dahaga. Namun, usai memotong melon, jangan buang bijinya. Sebab, biji melon bisa dijadikan camilan bergizi!

Menurut ahli diet dari Inggris Dr. Sarah Schenker, biji melon bisa jadi sumber gizi seperti biji bunga matahari dan labu kuning. Biji melon kaya mineral seperti kalsium untuk memperkuat tulang dan lemak tunggal tak jenuh yang penting bagi kesehatan jantung.

Di dalam biji melon juga terkandung serat. Karena itu, sayang rasanya jika biji melon yang penuh gizi terbuang sia-sia. Lebih baik olah menjadi kuaci untuk camilan. Bagaimana caranya?

Kepada Daily Mail (18/06/2014), Chef Aldo Zilli dari Inggris memberikan cara membuat kuaci dari biji melon. Pertama, bilas dan gosokkan biji melon di saringan halus untuk membuang daging buah yang menempel.

Biarkan biji melon mengering di sehelai kain bersih. Kemudian, sangrai di wajan atau panggang di oven panas dengan sedikit tuangan minyak. Sesekali balikkan biji-biji melon agar panasnya merata.

Setelah warnanya berubah kecokelatan, angkat dan taburkan garam secara merata. Biji melon yang sudah dingin bisa dinikmati seperti kuaci atau ditaburkan di salad untuk menambahkan tekstur renyah. Selamat mencoba!

(fit/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com