Kuliner Piala Dunia

Gara-gara Dulce de leche Disita Brazil, Kesebelasan Uruguay Kalah?

- detikFood Rabu, 18 Jun 2014 17:10 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Kesalahan strategi atau performa yang tidak optimal bisa jadi penyebab kekalahan dalam pertandingan bola. Namun, kali ini dulce de leche disebut-sebut sebagai alasan kekalahan tim Uruguay melawan Costa Rica dengan skor 3-1, pada 15 Juni lalu.

Seperti dilansir BBC (17/06) ada 39 kilogram dulce de leche yang disita oleh pejabat bea cukai dari tim nasional Uruguay ketika skuat tiba di Brasil pada 9 Juni. Hal ini lantaran produk tersebut belum bersertifikat.

Dulce de leche merupakan makanan tradisional di Amerika Selatan yang sudah dikonsumsi sejak abad ke 19. Uruguay termasuk negara yang menyukai panganan manis ini. Berbentuk pasata lembut seperti selai kacang atau karamel.

Terbuat dari susu yang direbus bersama gula, baking powder dan ekstrak vanili. Karena bahan-bahan untuk membuat dulce de leche ini direbus menggunakan api kecil, maka gula susunya berubah menjadi karamel yang lembut manis. Paling enak, dulce de leche dioleskan di atas roti, biskuit atau pun es krim.

Kandungan susu dalam dulce de leche inilah yang menjadi alasan pihak Brazil melakukan penyitaan. Bea cukai Brazil beralasan harus ada pengecekan kandungan susu dalam caramel tersebut. Mereka akan mengembalikan dulce de leche ini setelah produk tersebut terblukti aman.

Dengan adanya penyitaan dulce de leche, Fans Uruguay khawatir tim kesayangan mereka akan tersingkir pada babak penyisihan grup. Karena tidak bisa sarapan dengan makaan favorit mereka.

Uruguay akan kembali turun ke lapangan pada hari Kamis (19/06) melawan Inggris dan pada 24 Juni berhadapan dengan kesebelasan Italia.

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com