Meskipun Mungil, Elderberry Berkhasiat Hebat Atasi Flu dan Pilek

- detikFood Kamis, 20 Feb 2014 10:41 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Buah berry yang mungil ini memang belum sepopuler strawberry, blueberry atau raspberry. Elderberry dikenal kaya akan manfaat. Tanaman yang berasal dari pohon elder ini sangat ampuh untuk mengatasi flu dan pilek.

Eldeberry (Sambucus nigra) merupakan tanaman yang berasal dari Eropa, Afrika, dan sebagian Asia. Akan tetapi penyebaran elderberry paling banyak di Amerika Serikat. Tanaman yang berbunga antara Mei dan Juli ini bisa tumbuh di berbagai kondisi, baik basah maupun kering.

Adapula jenis elderberry yang tumbuh liar di daerah pegunungan Indonesia bernama Sambucus Javanica atau disebut sangitan. Elderberry berdaun lebat seperti semak dengan pohon setinggi 9 meter. Daun-daun elderberry tumbuh dengan pasangan berlawanan dan memiliki 5 - 7 helai daun. Tepi daun elderberry memiliki gerigi. Sedangkan bunganya berwarna putih gading dengan lima kelopak.

Elderberry memiliki buah berkelompok yang mengalami perubahan warna mulai dari hijau, merah, dan kemudian menjadi hitam saat sudah matang. Ukuran buahnya bulat kecil dengan diameter hanya 3-5 mm. Elderberry telah menjadi obat tradisional selama berabad-abad di Amerika Utara, Eropa, Asia Barat, dan Afrika Utara.

Buah mungil ini yang asam segar ini kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C, flavonoid, dan asam amino. Seringkali elderberry dimanfaatkan sebagai antioksidan, menurunkan kolesterol, meningkatkan penglihatan, menguatkan sistem imun, memperbaiki kesehatan jantung dan tentu saja untuk batuk, pilek, flu.

Kandungan zat flavonoid dalam sari elderberry dapat menghancurkan virus flu dan pilek. Penelitian menemukan bahwa manfaat elderberry sangat terasa 24 – 48 jam setelah mengalami gejala flu. Adapun elderberry dapat mengurangi durasi gejala flu hingga lebih dari 50%!

Kecuali berkhasiat untuk kesehatan, buah mungil ini juga enak diolah menjadi beragam makanan. Seperti selai, jeli, sirup, yogurt dan isian pai. Paling mudah ditemui dalam bentuk selai buah. Buah elderberry tak pernah dikonsumsi mentah karena buah, daun, bunga dan bagian lainnya dari pohon elder mengandung racun.

Konon pohon elder dipercaya dapat melindungi dari pengaruh jahat dan penyihir. Jika pohon elder dipotong, roh pohon yang bernama Elder Mother akan keluar dan membalas dendam. Bahkan tongkat sihir paling kuat dalam novel Harry Potter pun terbuat dari eldeberry dan diberi nama “Elder Wand”. Wow!



(fit/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com