Puffing Gun, Produk Pameran Pertama Museum Food and Drink

- detikFood Sabtu, 06 Jul 2013 11:23 WIB
Foto: MOFD Foto: MOFD
Jakarta - Sebuah tim yang terdiri dari chef dan pakar kuliner ternama akan membuka Museum of Food and Drink di New York. Produk yang pertama kali akan dipamerkan adalah Puffing Gun, mesin pembuat sereal.

The Museum of Food and Drink (MOFD adalah museum non profit yang diizinkan secara resmi oleh New York State Education Department. Museum ini digawangi oleh Dave Arnold yang menjabat sebagai kepala Department of Culinary Technology di International Culinary Center dan mixologist di Momofuku's Booker and Dax cocktail bar di New York.

“Di museum ini, Anda bisa mengecap, menyentuh, dan mencium peragaan yang dipamerkan. Sekaligus belajar tentang sejarah budaya suatu makanan dan perannya dalam sejarah. Para pengunjung juga bisa belajar sains dan teknologi dari apa yang kita makan dan minum,” tutur Dave dalam website resmi MOFD (05/07/2013).

Untuk mengawali pengembangan museum tersebut, MOFD mempersembahkan peragaan pertama yang akan ditampilkan bernama "The Puffing Gun and the Rise of Breakfast Cereal". Alat ini merupakan teknologi awal untuk mengembangkan sereal sarapan dalam jumlah banyak.

Mesin seberat 1.451 kg ini berkerangka besi ini terlebih dahulu diisi dengan grain (bijian) lalu dipukul dengan tongkat besi. Dengan panas dan tekanan tingkat tinggi, grain tersebut akan berubah menjadi puff cereal yang renyah dan lembut. Mesin ini merupakan teknologi pertama untuk membuat sereal pada tahun 1900.

Untuk membangun MOFD ini, Dave menggalang dana menggunakan Kickstarter, situs penggalangan dana. Proyek ini memerlukan bantuan dana $80,000 sekitar Rp 800 juta hingga 20 Juli 2013, sampai saat ini 200 pendukung proyek ini sudah mengumpulkan sekitar $25,365 sekitar Rp 253 juta. Selama MOFD belum dibangun, berbagai peragaannya akan dipamerkan secara mobil di jalanan New York.

MOFD Culinary Board menggandeng beberapa selebriti chef antara lain Anita Lo, Brooks Headly, Mario Batali, dan David Chang. Sementara sebagai dewan penasehat, MOFD menggaet pakar kuliner seperti Jessica Harris.




(dyh/odi)