Legit Harum Barongko Pisang Khas Bugis

- detikFood Jumat, 05 Apr 2013 16:04 WIB
Foto: Panduanwisata Foto: Panduanwisata
Jakarta - Jajan pasar tak pernah membosankan disantap meskipun bahannya sederhana. Seperti barongko khas Sulawesi ini yang empuk dengan rasa legit pisang yang enak. Pemakaian santan dan bungkus daun pisang membuat aromanya makin semerbak.

Di wilayah Sulawesi Selatan lebih tepatnya di Bugis atau Makassar ada satu sajian kue yang begitu khas. Terbuat dari pisang raja atau pisang kepok yang matang. Rasanyapun legit dan lembut. Kue yang dibungkus dengan daun pisang ini juga beraroma harum.

Kue ini dikenal dengan sebutan Barongko. Dahulu, Barongko disajikan sebagai hidangan penutup bagi para raja Bugis. Selain itu juga sering disajikan saat acara adat seperti sunatan, pernikahan, syukuran dan lain sebagainya. Hingga kinipun Barongko masih disajikan saat pesta adat.

Konon untuk membuat kue tradisional ini haruslah dikerjakan oleh orang yang sudah berpengalaman. Dengan tujuan untuk mempertahankan kualitas rasa dan kelezatan dari Barongko. Karena itulah Barongko tidak mudah dijumpai di pasaran.

Bahan-bahan yang digunakan cukuplah mudah didapat. Ada pisang kepok atau pisang raja, telur, gula pasir, santan, dan sedikit garam. Untuk membuatnya, pisang yang sudah dikupas dihaluskan hingga rata. Kemudian dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.

Adonan yang sudah tercampur rata, bisa dimasukkan ke dalam dua lembar daun pisang dan dibungkus membentuk lipatan tum, yang mirip bungkus jongkong kelapa muda atau pepes, namun bagian tengahnya tidak ditambahkan sepotong daun pisang.

Setelah disemat dengan lidi, kemudian barongko di kukus hingga matang. Barongko yang sudah matang umumnya berwarna krem atau putih susu dan padat. Teksturnya yang lembut terasa manis dan agak lengket.




(dyh/odi)