Ulasan Khusus: Yogurt

Frozen Yogurt, Lembut-lembut Dingin Enak

- detikFood Selasa, 19 Mar 2013 08:30 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Tekstur lembut creamy dengan rasa manis asam menjadikan frozen yogurt trend camilan sehat yang disukai segala usia. Tambahan toping seperti buah-buahan, kacang dan cokelat membuat rasanya makin enak. Apa yang bkin yogurt ini populer?

Frozen yogurt atau Froyo pertama kali diperkenalkan dengan nama Frogurt oleh Harvey Perley Hood pada tahun 1970an di New England, Amerika Serikat. Saat pertama kali diperkenalkan frogurrt atau frozen yogurt mempunyai rasa yang asam.

Lalu, muncullah produk bernama Danny dari perusahaan Dannon yang menyajikan frozen yogurt berbentuk es krim dengan stick dengan rasa raspberry yogurt berlapis dark chocolate. Sejak saat itu, produk frozen yogurt dengan rasa lebih manis mulai populer, bahkan menjadi alternatif es krim rendah lemak tahun 1980-1990an.

Camilan yang bertekstur lembut dan creamy seperti es krim ini umumnya terbuat dari milk solid, pemanis, lemak susu, kultur yogurt (Lactobacillus bulgarius dan Streptococcus thermophilus), perasa dan pewarna alami maupun buatan.

Kandungan lemak susu berguna untuk memperkaya rasa frozen yogurt. Sementara tambahan milk solid menyediakan laktosa untuk rasa manis yogurt dan protein. Juga memberi rasa lembut serta mencegah frozen yogurt meleleh terlalu cepat.

Kandungan gula dalam frozen yogurt juga penting untuk meningkatkan volume dan menjaga tekstur. Tambahan gelatin bisa menstabilkan yogurt sehingga frozen yogurt tetap mempunyai tekstur lembut terlepas dari perubahan suhu.

Proses pembuatan frozen yogurt sama dengan es krim. Bahan-bahan dicampurkan dan diaduk dalam suhu yang sangat rendah hinggga memberntuk kristal-kristal susu yang lembut.

Kini banyak frozen yogurt hadir di gerai-gerai dengan berbagai merek yang menyajikan rasa yang berbeda. Mulai rasa original hingga rasa buah seperti blueberry, cokelat, dan green tea. Topping pelengkap pun mulai beragam seperti buah segar, kacang, setup buah, hingga mochi dan jelly.

Bagi yang ingin menikmati frozen yogurt tanpa rasa bersalah dan sedikit asupan kalori bisa memilih topping buah segar dan kacang-kacangan.


(flo/odi)