Fa Gao, Kue Mangkok Perlambang Kemakmuran

- detikFood Senin, 11 Feb 2013 08:03 WIB
Foto: China Highlights
Jakarta - Kue ini padat dengan bagian atas yang mekar seperti mawar. Apalagi kalau diberi pewarna merah. Teksturnya empuk dengan rasa manis yang enak. Satu lagi kue khas Imlek yang diyakini dapat membawa kebaikan di tahun baru.

Orang Eropa mengatakannya kue yang bernama Fa Gao ini mirip cupcake, sementara kita menyebutnya kue mangkok. Sebutannya memang banyak, termasuk huat kwe, maho, dan fa gao. Kue ini umum disajikan saat hari-hari besar Cina karena melambangkan kebaikan.

Dalam Bahasa Cina, 'Fa' berarti mengembang karena diberi ragi, sementara 'gao' artinya kue. 'Fa' juga berarti kemakmuran. Makanya, fa gao sering disajikan untuk merayakan Tahun Baru Imlek. Warna-warna cerah seperti merah atau oranye sering ditambahkan agar membawa keberuntungan.

Fa gao terbuat dari tepung beras, terkadang juga dicampurkan tepung terigu dan tepung singkong agar tidak terlalu padat. Alternatifnya bisa pula menggunakan labu kuning atau ubi yang telah dilumatkan.

Agar mengembang, adonan diberi ragi atau baking powder. Gula yang digunakan bisa gula putih atau gula merah. Kalau ingin lebih gurih, bisa ditambahkan santan.

Kue ini dikukus sampai mengembang dan bagian atasnya mekar seperti mawar. Konon, semakin banyak 'kelopak'nya, semakin makmur Anda dan semakin banyak kekayaan yang akan Anda dapatkan di tahun baru.

(flo/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com