Sekolah Negeri di New York Akan Diwajibkan Sediakan Makanan Halal dan Kosher

Annisa Trimirasti - detikFood Selasa, 25 Apr 2017 16:37 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - New York dikenal dengan penduduk multiras. Untuk menghormatinya, anggota dewan kota sarankan tersedia sajian halal dan kosher di sekolah negeri.

Sekolah negeri di New York akan diharuskan sajikan makanan halal untuk muslim dan kosher untuk Yahudi. Hal ini diusulkan oleh salah seorang anggota dewan kota New York, David Weprin. Ia ingin mewajibkan sekolah sediakan makanan yang memenuhi batasan diet keagamaan seorang siswa.

"Kota ini jauh lebih beragam daripada sebelumnya termasuk secara agama. Penting bagi kami untuk menghargai dan menghormati agama masing-masing," ujar Weprin dikutip dari New York Post (23/4/17).

Sekolah Negeri di New York Akan Diwajibkan Sediakan Makanan Halal dan KosherFoto: Getty Images
Berdasarkan proposal sebelumnya, pilihan makanan kosher dan halal akan ditawarkan di sekolah yang lebih dari 25% siswanya meminta sajian tersebut. Namun belum ada ketetapan anggaran atas usulan ketetapan ini.

Weprin belum mengalokasi berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk perubahan. Namun ia berpendapat bahwa dana tambahan dapat diabaikan karena sekolah dapat membeli makanan kemasan siap santap.

"Saya tidak mengantisipasi mereka harus melakukan perubahan dapur besar-besaran. Anda bisa menyiapkan makanan dari berbagai penjual," ujarnya. Menurutnya batasan pola makan juga telah diterapkan di panti jompo dan penjara sehingga wajar bila sekolah negeri mendapat tunjangan serupa.

Sekolah Negeri di New York Akan Diwajibkan Sediakan Makanan Halal dan KosherFoto: Getty Images
"Jika kami dapat menyajikan hidangan halal dan kosher di penjara, menurut saya, itu juga bisa jadi pilihan di sekolah negeri," tambahnya.

Pada September lalu, beberapa pembuat undang-undang dan siswa, dipimpin oleh Weprin, berkumpul di depan Balai Kota mendukung diterapkannya sajian halal dan kosher. Pertimbangannya populasi siswa dengan kebutuhan tersebut mencapai 38% dari total siswa sekolah negeri.

Juru bicara dari Departemen Pendidikan kota mengatakan sekolah sudah menyediakan menu makan vegetarian, tapi pemberi usulan mengatakan bahwa hal tersebut belum memenuhi syarat aturan agama untuk sajian kosher dan halal yang membutuhkan pengawasan khusus dalam persiapannya.

Sekolah Negeri di New York Akan Diwajibkan Sediakan Makanan Halal dan KosherFoto: Getty Images
Rabbi di Brooklyn Ykov Cohen memuji gerakan ini. Menurutnya hal ini menunjukkan bahwa merekamenghormati semua orang apapun budaya mereka. Cohen juga menambahkan, sebagian besar anak Yahudi yang mematuhi aturan kosher hanya membawa sandwich jelly dan selai kacang ke sekolah. (ani/odi)
Load Komentar ...