Jelang Ramadan, Penang Percepat Proses Aplikasi Halal Tempat Makan

Maya Safira - detikFood Senin, 30 Mei 2016 14:03 WIB
Foto: Bernama/iStock Foto: Bernama/iStock
Jakarta - Mendekati ramadan, Malaysia semakin memperhatikan masalah makanan halal. Seperti Penang yang akan menyegerakan aplikasi halal untuk restoran bebas babi.

The Malay Mail Online (27/05) melaporkan Departemen Urusan Agama Islam Penang akan mempercepat aplikasi sertifikasi halal tempat bebas babi tepat waktu. Agar bertepatan dengan masuknya bulan Ramadan.

Abdul Malik Abul Kassim, dewan eksekutif untuk urusan agama di Penang, mengatakan mereka selalu mendorong tempat-tempat tersebut untuk mendapatkan sertifikasi halal.



"Jika tempat-tempat ini ingin menawarkan menu Ramadan bulan depan, mereka bisa mengajukan sertifikasi sekarang dan kami akan mempercepat aplikasi mereka," ujarnya dalam sebuah konferensi pers (27/05).

Abdul Malik juga menyebut unit penegakan aturan dari departemen agama akan terus memonitor seluruh gerai makanan. Guna memastikan hanya gerai bersertifikasi halal yang dapat menawarkan menu Ramadan selama bulan puasa.

"Ini selalu dipraktekkan selama beberapa tahun terakhir, hanya tempat bersertifikat halal yang bisa mempunyai menu dan prasmanan Ramadan," tambahnya.



Tahun lalu, unit penegakan dari departemen melakukan pemeriksaan pada 26 tempat. Sebanyak 10 hotel diketahui melanggar aturan sertifikasi halal.

Ada tiga yang dicabut sertifikasi halalnya karena penggunaan bahan non-halal dan masalah kebersihan. Tempat itu kembali mendapat sertifikat halal setelah memenuhi semua persyaratan, pungkas Abdul Malik. (msa/odi)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
Newsfeed