Laporan dari Kuala Lumpur

Peserta UKM Indonesia Lebih Banyak dan Optimis Raih Lebih Banyak Transaksi

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 02 Apr 2016 09:51 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Dalam ajang tahunan pameran halal Internasional, Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki booth terbanyak. Banyak UKM yang tampilkan beragam makanan unik dan halal buatan Indonesia.

MIHAS menjadi salah satu rangkaian acara dari World Halal Week (WHW) yang diselenggarakan pada 30 Maret hingga 2 April di Kuala Lumpur Convention Center (KLCC)

Masuk dalam 'Top 5 Exhibiting Countries' Indonesia menampilkan beragam UKM. Antara lain seperti Bakpiapia, Kosmetik Gamat dari IMC dan Rhizoma, Aneka Camilan Khas Bandung, Kopi Kamu, Rendang Hj. Cucu Hj. Machniar, Abon Cakalang Lemoh, Go Banana, Srikandi Slondok, Suplemen Herbal hingga Perawatan Tubuh Halal.



"Tahun ini Indonesia menampilkan banyak UKM produk halal. Ada 50 perusahaan dengan 30 booth," jelas Herman Prayitno, Duta Besar RI di Malaysia kepada detikFood (31/03).

Terselenggaranya acara ini juga mendapat dukungan dari Kementerian Perdagangan, Kementrian Perindustrian, Dinas Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UKM, Dinas Perindustrian dan Koperasi Kota Bandung, Perdagangan Provinsi Kepulauan Riau hingga Kedutaan Besar RI di Malaysia.

"Dengan banyaknya produk halal yang inovatif dari UKM Indonesia, diharapkan targetnya bisa lebih besar dari tahun lalu. Mudah-mudahan transaksinya bisa mencapai lebih dari USD 2,5 juta," tutur Prayitno.



Menurut Fajarini Puntodewi, selaku Atase Perdagangan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur dalam acara MIHAS 2016, Indonesia lebih memfokuskan diri kepada produk halal. Mulai dari makanan, minuman, perawatan tubuh hingga suplemen herbal atau jamu.

Dengan mengikuti pameran ​i​nternasional seperti ini, aneka produk halal buatan Indonesia diharapkan bisa semakin terkenal di pasar ​i​nternasional. Hal ini dikarenakan, permintaan produk halal saat ini semakin meningkat. Produk dengan label halal tidak saja aman, tapi juga ​berkualitas​ baik.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com