McDonald's Indonesia Peroleh Sertifikat Sistem Jaminan Halal untuk Pertama Kalinya

Maya Safira - detikFood Selasa, 29 Mar 2016 19:20 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Sertifikat Sistem Jaminan Halal (SJH) jadi tolak ukur konsistensi penerapan halal. Belum lama ini, McDonald's Indonesia mendapat sertifikat SJH untuk pertama kalinya.

Pada tahun 2016, McDonald's Indonesia berhasil memperoleh sertifikat SJH dari LPPOM MUI. Sertifikat ini diraih karena McDonald's Indonesia berhasil mendapat predikat A atau sangat baik selama 3 kali berturut-turut dalam penilaian SJH.

"Manajemen McDonald's menyadari betul pentingnya sertifikasi halal. Kami juga menjadi pelopor restoran bersertifikat halal di Indonesia. Selama tiga tahun ini, McDonald's dapat nilai A dari LPPOM MUI," ungkap Bintang P. Aritonang, Senior Director Supply Chain Quality Assurance-Operations-Procurement McDonald's Indonesia di McDonald's Sarinah Thamrin (29/03).



Menurutnya, McDonald's sudah melihat manfaat dari sertifikasi halal dan masyarakat menghargainya.

"Masyarakat jadi merasa tenang dan yakin makan di McDonald's. Sertifikat halal bisa meningkatkan kepercayaan konsumen. Harapannya restoran lain terutama quick service resto bisa mengikuti langkah kami," tambah Bintang sebelum penyerahan simbolis sertifikat SJH.



Untuk mendapat sertifikat SJH, diakui memang tak mudah karena persyaratan ketat. Apalagi restoran perlu mendapat nilai terbaik Sistem Jaminan Halal terus-menerus.

Pada kesempatan yang sama, turut hadir Dr. Ir. Lukmanul Hakim, M.Si selaku Direktur LPPOM MUI. Ia menyerahkan sertifikat SJH secara simbolis kepada McDonald's Indonesia. Sertifikat tersebut berlaku dari 13 Januari 2016 - 12 Januari 2020, selama periode 4 tahun.

Lukmanul menyebut SJH merupakan sistem pembagian tanggung jawab antara perusahaan dan LPPOM MUI. Keberadaannya untuk menjaga konsistensi produk halal. Sehingga wajib meraih Status-A dalam penilaian penerapan Sistem Jaminan Halal selama 3 kali berturut-turut, tanpa ada jeda.

"Sertifikat SJH diberikan bagi perusahaan yang sudah menjadikan halal sebagai daily activity. Berarti McDonald's sudah menjadikan halal sebagai kegiatan keseharian dalam memuaskan konsumen," ujar Lukmanul.



McDonald's Indonesia sendiri mendapat sertifikat halal pertama kali tahun 1994. Menjadi restoran cepat saji pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikat halal dari LPPOM MUI.

Selain mendapat sertifikat SJH, tahun ini McDonald's sudah memperpanjang sertifikat halal yang sudah habis masa berlaku. Sertifikat halal McDonald's Indonesia berlaku 13 Januari 2016 - 12 Januari 2018.

(msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com