Keberadaan Produk Halal Diharap Bisa Tingkatkan Wisata di Pattaya

Maya Safira - detikFood Senin, 28 Mar 2016 13:09 WIB
Ilustrasi: Bangkok Post/Pattaya Mail
Jakarta - Halal kian berkembang di negara dengan mayoritas non muslim. Seperti kota Pattaya di Thailand yang didorong untuk menyediakan layanan halal.

Pattaya terkenal sebagai salah satu tujuan wisata Thailand. Bisnis pariwisata di Pattaya pun disarankan menggunakan layanan dan ekspor halal yang kian tumbuh di Thailand guna meningkatkan pengunjung dari negara Muslim, sebut laporan Pattaya Mail (25/03).


Ilustrasi: Bangkok Beyond

Baru-baru ini Tourism Authority of Thailand menyelenggarakan seminar di A-One Royal Cruise Hotel Pattaya (16/03). Dihadiri Rattanachai Sutidechanai selaku Kepala Tourism and Culture Committee Pattaya, Pakorn Pariyakorn selaku Direktur Thailand Halal Standards Institute dan Wej Titiwanitchwong dari Tourism Authority of Thailand.

Seminar bertujuan mempromosikan bisnis untuk mendukung pemasaran wisata muslim berdasarkan resolusi Kabinet terkait promosi dan pengembangan produk halal.

Walau Thailand merupakan negara penganut Budha, pebisnis yang hadir di seminar menyebut konsumen muslim di luar negaranya tahu akan produk halal asal Thailand. Ekspor makanan halal Thailand tumbuh sekitar 20% tiap tahun.

Ilustrasi: Pattaya Mail

Departemen Promosi Industri mengharapkan ekspor tahun 2016 mencapai $1,6 juta (Rp 21,3 miliar). Termasuk turis yang datang dari Timur Tengah untuk layanan medis di Thailand.

Pada tahun 2014, ekspor barang dan makanan ke 57 negara muslim anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) berjumlah lebih dari $164,4 miliar. Thailand melakukan ekspor $5,1 miliar makanan halal ke negara-negara OKI, dimana mengambil porsi 17% dari ekspor makanan negara itu.

Sementara itu, Thailand menduduki peringkat 13 dalam ekspor halal dunia. Di belakang Indonesia dan Malaysia yang berada pada posisi 9 dan 10. Adapun lima pasar teratas untuk halal adalah Indonesia, Malaysia, Nigeria, Benin dan Uni Emirat Arab.

Pembicara seminar mengatakan Thailand punya potensi memperluas produksi produk dan jasa halal melalui Sertifikat Halal. Mereka menyebut pemerintah harus mempromosikan dan mengembangkan potensi halal tersebut guna meningkatkan daya saing negara.

(msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com