Chef Profesional Olah Makanan Halal Menjadi Sajian 'Fine Dining' di Inggris

Maya Safira - detikFood Senin, 12 Okt 2015 10:51 WIB
Foto: Graes Dining
Jakarta - Makanan halal tidak hanya dinikmati dengan cara biasa di Inggris. Seorang chef profesional memberikan pengalaman fine dining memakai daging halal.

Zayn Haggerty, chef profesional dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, membawa jenis makanan halal baru ke Lancashire. Dalam laporan Lancashire Telegraph (09/10), Zayn membuat Graes Dining berupa sebuah pengalaman fine dining menggunakan daging halal.



"Ide saya adalah meluncurkan produk berupa hidangan berkualitas tinggi untuk konsumen yang ingin pilihan halal. Area ini menarik minat saya karena banyak teman-teman saya yang mengonsumsi daging halal dan sering mengeluh tidak ada variasi daging sapi short ribs tersedia. Selalu adanya pilihan vegetarian yang sama, bahkan di restoran paling eksklusif Inggris," ujar Zayn.

Ia kemudian melakukan beberapa riset dan menyadari ada kesenjangan signifikan dalam pasar dalam menyediakan makanan berkualitas tinggi pada semua konsumen. Termasuk orang yang mengonsumsi makanan halal.

Zayn menjelaskan Graes Dining akan dimulai sebagai restoran pop up. Para penikmat makanan diundang untuk menghadiri acara eksklusif yang diadakan dalam satu malam tiap bulannya. Semua bahan makanan memakai produk halal.

Makan malam akan mencakup edisi halal dari menu beer can chicken. Sajian ini diolah dari beef ribs dan beef shin yang dimasak pelan selama 6 jam. Ada pula sajian sirloin halal memakai lima rempah. Cake dan cupcake halal juga tersedia di acara tersebut.



"Idenya adalah berbagi makanan. Bayangkan sepeti besar makanan diletakkan dekat Anda. Partisipan harus menjauhkan telepon genggam, menggulung lengan baju dan menikmati makanan bersama pasangan yang datang bersamanya. Saya ingin pengalaman ini interaktif," tambah Zayn.

Zayn menjelaskan bahwa ia berkonsentrasi pada cara pemotongan daging sekaligus teknik memasak yang ia rasa sering diperhatikan dalam komunitas muslim.

"Kami benar-benar ingin menunjukkan bahwa potongan (daging) lain bisa dipakai dan bercitarasa lezat dengan menggunakan metode berbeda yang biasa digunakan di dapur profesional," ungkap Zayn.



Graes Dining meluncurkan acara pertama pada tanggal 24 Oktober mendatang. Kegiatan berlangsung pukul 19.00-22.00 waktu setempat di Strawberry Jam Kitchens, Blackburn.

Untuk pemesanan tempat, tiket didapat melalui www.eventbrite.co.uk dengan harga mulai dari 18 Pound (Rp 370.000). Sebanyak 10% dari keuntungan akan diberikan ke Save the Children Inggris.

(msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com