Restoran dan Jasa Katering di Taiwan Incar Pasar Makanan Halal Global

- detikFood Senin, 13 Apr 2015 15:48 WIB
Ilustrasi: Detikfood Ilustrasi: Detikfood
Jakarta - Pasar makanan halal terus mengalami peningkatan. Kini giliran restoran dan katering di Taiwan yang mengincar pasar makanan halal global. Menurut sebuah badan promosi perdagangan (04/04), layanan makanan Taiwan bersiap menampilkan produk makanan halal dalam Taiwan International Hotel, Restaurant and Catering Show (HORECA).

Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) yang disponsori pemerintah, mengatakan 180 hotel, restoran dan katering akan menampilkan jasa serta produknya di HORECA 2015. Sebanyak 600 booth hadir pada pameran dagang pada 24 sampai 27 Juni tersebut.

Untuk meningkatkan daya tarik pengunjung muslim dan mendapat lebih banyak pembelian, HORECA akan bekerjasama dengan International Taiwan Halal Expo (Taiwan Halal). Sehingga kedua acara akan diselenggarakan di tempat dan waktu yang sama.

Pada Taiwan Halal, sekitar 30 peserta pameran diperkirakan dapat menarik potensi pembeli muslim. Produk yang ditawarkan antara lain makanan, minuman, suplemen makanan, produk kecantikan, dan biotek yang sudah mendapat sertifikat halal.

Menurut TAITRA, tujuan Taiwan adalah mendapatkan pangsa pasar muslim global lebih besar. Sebab terdapat 2 miliar muslim di dunia yang diharapkan bisa menciptakan peluang bisnis sebesar $700 miliar.

Taiwan sendiri semakin populer sebagai tujuan wisata muslim. Menurut Global Muslim Travel Index, Taiwan masuk peringkat 10 teratas dalam daftar tujuan wisata non-muslim.

TAITRA menambahkan Taiwan juga menjadi pusat perdagangan dan transportasi di kawasan Asia Pasifik. Sehingga Taiwan menawarkan kedekatan geografis ke Tiongkok dan negara Asia Tenggara dengan populasi muslim yang besar.

Pada November lalu, Kementerian Urusan Ekonomi Taiwan memimpin delegasi dari 12 produsen makanan asal Taiwan untuk mengunjungi Jakarta dan Ho Chi Minh. Selama kunjungan lima hari tersebut, delegasi itu mendapat sambutan hangat dari pembeli muslim.

(msa/odi)