Muslim Inggris Buat Petisi untuk Melindungi Penyembelihan Hewan Tanpa Setrum

- detikFood Selasa, 24 Feb 2015 11:01 WIB
Foto: Ahram Online
Jakarta - Komunitas muslim di Inggris meluncurkan kampanye melawan upaya penghentian penyembelihan halal di sana. Mereka meyakini penyembelihan halal tengah berada di bawah ancaman.

Masjid, pusat kajian Islam dan imam dari seluruh Inggris menyerukan umat Islam untuk menandatangani e-petition. Petisi tersebut mengimbau pemerintah untuk terus melindungi hak penyembelihan secara agama tanpa setrum di Inggris, termasuk penyembelihan secara Islam dan Yahudi.

Petisi yang didukung umat Islam di Inggris itu berpendapat bahwa penyembelihan secara agama harus dilindungi. Sebab baik Islam dan Yahudi mewajibkan pemelukan untuk memperlakukan hewan dengan baik dan meminimalkan rasa sakit saat penyembelihan.

Mereka menyebut bahwa penyetruman di tempat penjagalan justru seringkali gagal menyetrum hewan secara efektif. Sehingga menyebabkan penderitaan bagi hewan.

Dalam petisi tertulis: "Asosiasi Dokter Hewan Inggris dan pihak penentang pembantaian secara agama seharusnya fokus dalam peningkatan kompetensi penyembelihan dengan setrum, dibandingkan menyerang metrode yang telah terbukti menimalkan penderitaan hewan."

Sebanyak 86.000 orang telah menandatangani petisi yang mana harus mencapai 100.000 tanda tangan agar bisa dipertimbangkan dalam debat parlemen. Muslim Council of Britain juga telah mengajak untuk melakukan penandatanganan.

Petisi ini muncul sebagai respon dari petisi online lainnya yang dibuat oleh aktivis kesejahteraan hewan. Aktivis tersebut menyerukan larangan penyembelihan hewan tanpa setrum. Petisi dari aktivis telah menarik lebih dari 115.000 tanda tangan. Sehingga bisa dipertimbangkan untuk debat di parlemen.

Department for Environment, Food and Rural Affairs Inggris pun menanggapi tidak akan ada larangan untuk penyembelihan secara agama di Inggris. Namun protokol pelabelan mungkin dapat diubah.

Hukum Uni Eropa dan Inggris pada dasarnya mengharuskan semua hewan disetrum sebelum penyembelihan. Ini dilakukan agar hewan tidak merasa sakit. Namun penyembelihan tanpa setrum diizinkan untuk kelompok tertentu, termasuk umat Islam dan Yahudi.

Masalah penyembelihan halal menjadi berita utama di Inggris awal bulan ini ketika aktivis hak binatang merilis rekaman hewan di tempat penjagalan halal North Yorkshire yang ditendang dan disiksa.

(msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com