Viral

Awal Tahun 2022, Berani Coba Bakso Item dengan Kuah Rawon?

detikTV, Viany Sahita - detikFood Minggu, 02 Jan 2022 07:33 WIB
Jakarta -

Video bakso berwarna hitam dengan kuah yang serupa banyak muncul di media sosial. Warna hitam itu ternyata berasal dari keluak yang biasa digunakan untuk rawon.

"Kalau itemnya itu dari keluak. Iya betul buat rawon, iya rasa rawon," tutur Penjual Bakso Item Mbak Yuli dalam program Viral detikcom.

Bertempat di Jl Malang Nengah RT 03/01, Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kreasi unik yang menggabungkan bakso dengan rawon ini mendapat banyak perhatian. Terutama bakso item berukuran jumbo yang isinya beraneka ragam dan bisa untuk dinikmati lebih dari 1 orang.

"Yang viral Rp 50 ribu itu yang segede mangkok. Ada keju mozarella, ada bakso kecil-kecil, ada bakso urat-uratnya, ada tetelan juga," tutur Mbak Yuli.

Mbak Yuli mengungkapkan bakso item ini merupakan inovasi bersama dengan ibunya. Dia ingin menjual bakso unik dan beda dari yang lain.

"Awalnya waktu itu 2014 viralnya bakso mercon. Nah mama dulu kerja di restoran. Mah cari yang lain apa ya kira-kira yak biar orang nggak bosen. Terus kita cari beda dari yang lain, pakai kuahnya hitam topingnya juga banyak, ada yang besar ada yang kecil," ungkap Mbak Yuli.

Pembuatan bakso item ini juga tidak berbeda dengan bakso pada umumnya. Saat menikmatinya pun, pembeli bisa memilih bakso saja atau memakai pelengkap seperti mie putih, mie kuning, sambal, dan sebagainya.

Faktor pembeda utama adalah kuahnya yang memakai bumbu rawon. Berwarna hitam yang berasal dari keluak.

"Rasanya sih saya belum pernah ya makan bakso kuah item apalagi yang mozarella kayak gini. Rasanya enak banget. Baksonya sama kuahnya cocok," ujar seorang pembeli, Dede.

Jadi, apakah kamu tertarik?

(gah/gah)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com