BBQ Tahun Baru

2 Resep BBQ Korea, Bulgogi dan Galbi yang Mantul

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 28 Des 2020 17:02 WIB
Resep BBQ Korea: Bulgogi dan Galbi Foto: iStock
FOKUS BERITA BBQ Tahun Baru
Jakarta -

Kalau mau bikin pesta BBQ di malam tahun baru, BBQ Korea bisa jadi pilihan. Kamu bisa bikin bulgogi dan galbi yang enak mantul!

BBQ Korea menjadi hidangan utama dalam menu Korea. Biasanya memakai daging sapi pilihan yang direndam dengan bumbu selama beberapa saat lalu dibakar di atas hot plate atau panggangan besi.

Kamu tak harus ke restoran Korea, kamu bisa menyiapkan sendiri di rumah. Karena cara membuatnya juga tak sulit.

Yang penting kamu harus tahu jenis daging sapi yang cocok buat menu daging BBQ Korea. Kamu bisa membeli daging di toko daging atau supermarket.

Untuk membuatnya kamu bisa contek resep bulgogi dan galbi berikut ini.

1. Jenis Daging untuk Bulgogi

Resep BBQ Korea: Bulgogi dan GalbiResep BBQ Korea: Bulgogi dan Galbi Foto: iStock

Bulgogi adalah olahan daging khas Korea yang rasanya manis gurih. Hidangan ini biasanya dimasak dengan cara ditumis. Tapi, bisa juga dijadikan BBQ Korea yang enak.

Jenis daging sapi yang digunakan juga yang teksturnya lembut ,seperti beef sirloin strip. Daging sirloinnya juga harus dipotong tipis-tipis agar bumbunya mudah meresap.

Di toko daging ada jenis daging khusus untuk membuat bulgogi. Kamu bisa membeli langsung dalam bentuk irisan. Tekstur daging yang lembut dan berlemak, akan membuat bulgogi makin terasa gurih.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Tteokbokki Homemade Anti Gagal

2. Jenis Daging untuk Galbi

Resep BBQ Korea: Bulgogi dan GalbiResep BBQ Korea: Bulgogi dan Galbi Foto: iStock

Galbi juga olahan daging iga sapi khas Korea yang biasa diolah jadi BBQ. Galbi dalam bahasa Indonesia artinya daging iga sapi tau daging yang berada di sekitar tulang iga.

Jadi, tentu saja daging sapi yang digunakan adalah bagian iga. Jenis daging ini memiliki lemak yang cukup tebal, sehingga ketika dimasak teksturnya jadi empuk dan rasanya gurih.

Daging sapi untuk galbi bisa dibeli dalam bentuk sudah diiris memanjang dengan tulang iga di bagian ujung. Daging iga yang tebal diiris membujur tidak terputus sehingga menjadi irisan daging yang bersambung panjang. Bumbu galbi rasanya manis gurih atau pedas.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA BBQ Tahun Baru
FOKUS BERITA BBQ Tahun Baru

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com