Ini Cara Membuat Roti Panggang yang Renyah untuk Sandwich

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 15 Agu 2016 11:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Roti sandwich selain empuk mempengaruhi rasa sandwich. Kecuali itu juga harus sedikit renyah agar makin enak rasanya.

Roti tawar putih atau white bread dan brown bread bisa dipakai sebagai sandwich. Meskipun ada jenis roti lain yang juga enak. Seperti baguette atau roti Prancis, tiger bread, sourdough bread atau multigrain bread.

Roti bisa dibeli di bakery atau roko roti. Ada baiknya beli yang baru agar tetap enak setelah disimpan 1-2 hari. Jika ingin tekstur roti sedikit renyah, sebaiknya panggang roti.

Untuk memanggang ada beberapa cara. Bisa memakai toaster khusus untuk memanggang roti. Sebaiknya jangan terlalu kering atau gosong agar tektur roti tetap empuk. Olesi dengan sedikit mentega sebelum diberi isian.


Atau panggang dalam wajan datar. Olesi wajan dengan sedikit mentega lalu taruh roti di atasnya dan masak hingga agak kecokelatan. Lakukan yang sama dengan sisi roti yang lain.

Kalau ingin lebih renyah, panggang irisan roti di atas bara api sebentar. Jaga jangan sampai terlalu kering dan gosong. Segera olesi mentega setelah diangkat.

Perlu diingat, karena roti akan diberi isian yang sifatnya basah atau lembap, sebaiknya jangan terlalu tipis memotong roti. Potong setebal sekitar 2 cm. Usahakan memberi isian selagi masih hangat sehingga bisa menyatu dengan rotinya.

(adr/odi)