Ini Caranya Bikin Sirop Jahe yang Harum Enak

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 09 Jun 2016 13:31 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sirop jahe bisa jadi pelengkap aneka minuman dan dessert. Rasanya legit pedas dan mudah dibuat sendiri. Ikuti saja cara praktis membuatnya.

Bahan utama yang harus disiapkan adalah rimpang jahe. Pilih jahe putih yang umbinya tua. Teksturnya keras dan warna kulitnya cokelat gelap. Cuci bersih lalu lap hingga kering.

Bakar jahe di atas api arang hingga kulitnya kering kecokelatan dan mengelupas. Kerok hingga bersih. Potong-potong ukuran besar dan memarkan. Jika ingin rasa lebih pedas (panas) bisa ditambahkan beberapa potong jahe merah.

Didihkan air secukupnya dalam panci tahan karat atau kaca. Masukkan potongan jahe yang sudah dimemarkan, 1-2 batang serai yang dimemarkan dan gula pasir secukupnya. Masak dengan api kecil hingga gula larut dan mengental. Angkat. Saring jahe ke dalam wadah bersih dan dinginkan.

Sirop bisa langsung dimasukkan ke dalam botol yang bersih dan disterilkan. Selain untuk minuman hangat, sirop jahe bisa disajikan dengan tambahan air jeruk lemon dan es. Agar tahan lebih lama, sirop jahe bisa disimpan di lemari es. (odi/odi)