Menyimpan Keju Parmesan Agar Tetap Segar

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 22 Mei 2015 11:17 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Keju Parmesan merupakan salah keju favorit yang disukai banyak orang. Selain mahal, keju ini juga harus disimpan dengan benar agar tahan lama.

Keju parmesan merupakan salah satu jenis keju tua Italia yang teksturnya keras. Keju ini berasal dari daerah Parma dan dikenal dengan nama Parmigiano Reggiano. Dibuat dari susu sapi yang belum dipasturisasi.

Keju ini berbentuk bundar dengan lapisan luar berwarna kuning dan sangat keras. Aromanya gurih tajam dan jika diserut akan berbentuk lebar tipis atau diparut halus. Rasa gurihnya sangat pas untuk dinikmati dengan aneka pasta.

Jika membeli keju ini dalam bentuk potongan dan tak habis dikonsumsi, bungkus rapat-rapat sisa keju dengan aluminium foil atau kertas minyak lalu bungkus lagi dengan plastik kedap udara. Jangan sampai ada bagian yang terbuka. Karena akan mudah berjamur.

Simpan keju ini dalam lemari es, di rak chiller yang khusus untuk keju dengan suhu 4-8 derajat Celsius. Jika disimpan dalam suhu yang hangat keju akan berminyak dan mudah tengik. Untuk keju parmesan yang diparut halus, kemas dalam wadah bertutup rapat dan simpan dalam lemari es.

(odi/odi)
Load Komentar ...