Indonesian Coffee Class

Dapat Ilmu Soal Kopi Bikin Peserta Tak Sabar Ingin Segera Buka Kafe

Riska Fitria - detikFood Senin, 22 Okt 2018 09:00 WIB
Foto: dok. detikFood/ Riska Fitria Foto: dok. detikFood/ Riska Fitria
Jakarta - Selain bisa mencicipi kopi dengan 3 teknik roasting yang berbeda, peserta juga mendapat banyak informasi soal kopi. Beberapa pesertapun ingin bisa segera buka coffee shop.

Di hari terakhir kelas kopi yang diadakan detikFood dan Indonesian Cofffee Academy berlangsung lebih seru dari hari pertama. Kali ini, para peserta diajak mengenal lebih dalam mengenai teknik roasting pada kopi.
Dapat Ilmu Soal Kopi Bikin Peserta Tak Sabar Ingin Segera Buka KafeFoto: dok. detikFood/ Riska Fitria
Para peserta tampak antusias dengan penjelasan yang diberikan oleh Woto, seorang roaster dari Anomali Coffee. Woto bersama para peserta melakukan proses roasting dengan 3 cara, yaitu light, medium dan dark roast dengan menggunakan alat roasting, yang menghasilkan rasa yang berbeda.

Baca juga ; Ini 4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Proses Roasting
Dapat Ilmu Soal Kopi Bikin Peserta Tak Sabar Ingin Segera Buka KafeFoto: dok. detikFood/ Riska Fitria
Dari penjelasan teknik roasting tersebut, banyak peserta workshop yang mengaku tertarik untuk membuat coffee shop. Seperti peserta dengan nama Titiek Sudarti ini.

"Workshop ini sangat menarik, terutama kita bisa mengenali mengenai kopi itu sendiri, kemudian lebih memahami bahwa kopi gak cuma hitam dan pahit tapi sangat bervariasi kalau dideskripsikan dengan rasa. Termasuk juga proses bagaimana untuk mendapat secangkir kopi yang sangat enak. Karenanya saya sedang merencanakan untuk buat bisnis kopi," ujar Titiek Sudarti kepada detikFood (21/10).


Tonton video: Wow! Bermodalkan Rp 80 Juta Sudah Bisa Buka Kedai Kopi

[Gambas:Video 20detik]




Hal serupa juga disampaikan oleh Uchi Tagor. Menurutnya kelas kopi yang diikutinya ini menjawab keiingin tahuannya mengenai kopi. Bahkan ia berniat untuk mengikuti kelas kopi untuk menambah lebih banyak ilmunya.

"Untuk sementara sih ilmunya cukup, karena masih banyak lagi yang harus dipelajari lagi. Pengennya sih kalau ada rejeki mau buka coffee shop," ujar Uchi Tagor.
Dapat Ilmu Soal Kopi Bikin Peserta Tak Sabar Ingin Segera Buka KafeFoto: dok. detikFood/ Riska Fitria

Dari ketiga teknik roasting seperti light, medium dan dark, tak sedikit peserta yang menyukai teknik dark. Seperti yang diungkapkan oleh Woro. Menurutnya rasa yang dihasilkan pada teknik dark jauh lebih terasa kopi, karena ada rasa pahitnya.

Baca juga : Ini Perbedaan Teknik Roasting Light, Medium dan Dark




(sob/odi)