Indonesian Coffee Class

Ini Komentar Peserta yang Semangat Banget Pelajari Kopi Indonesia

Riska Fitria - detikFood Minggu, 21 Okt 2018 15:00 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Peserta Coffee and Cafe Workshop dapat banyak pengalaman dan ilmu mengenai kopi Indonesia hingga prospek bisnis kafe di Indonesia. Ini kesan dari peserta yang antusias mencari ilmu soal kopi.

Untuk kesekian kalinya, detikfood dan Indonesian Coffee Academy bekerja sama mengadakan kelas kopi yang bertajuk Coffee and Cafe Workshop. Acara yang digelar di MODENA Experience Center Suryo (20/10) ini berlangsung seru. Peserta workshop datang dari berbagai kalangan seperti pemilik bisnis kopi atau hanya sekadar pencinta kopi.

Para peserta mengaku tertarik untuk ikut kelas kopi guna mendapatkan ilmu tentang kopi, mulai dari latar belakang bisnis kafe di Indonesia, jenis-jenis kopi terbaik, hingga menu kafe yang digemari.

Ini Komentar Peserta yang Semangat Banget Pelajari Kopi IndonesiaFoto: dok. detikFood

Baca juga : Terus Berevolusi, Kopi Jadi Tren dan Bisnis Menjanjikan di Indonesia

Di kelas ini, peserta juga diajak untuk menilai rasa, tingkat keasaman, aroma hingga after taste melalui proses cupping. Peserta tampak antusias dengan teknik ini, karena teknik ini biasanya dilakukan oleh penggiat kopi yang sudah profesional.


Tonton video: Ini Kata Mereka Usai Mengikuti Indonesia Coffee Class detikFood

[Gambas:Video 20detik]



Coffee and Cafe Workshop ini tidak hanya dihadiri oleh peserta dari Jakarta saja, melainkan ada juga yang berasal dari luar kota. Seperti Buyung dan Hasto yang datang dari Bandung.

"Saya penggemar berat kopi, juga tertarik untuk buat bisnis kopi, karena melihat tren kopi saat ini hingga kedepan kayaknya gak akan pudar. Dari kelas kopi tadi saya dapat banyak ilmu, mulai dari bisnis plan, ilmu tentang kopi mulai dari roasting sampai ke cara penyeduhan, hingga cara merasakan kopi" tutur Buyung saat diwawancarai detikFood (20/10).

Ini Komentar Peserta yang Semangat Banget Pelajari Kopi IndonesiaFoto: dok. detikFood

Lebih lanjut Buyung menuturkan bahwa dirinya ingin kembali datang ke kelas kopi ini jika diadakan lagi. Karena dia tertarik untuk membuat bisnis kopi.

Peserta dari Bandung lainnya, yaitu Hasto yang sudah memiliki bisnis kopi kecil-kecilan. Saat kelas kopi berlangsung, Hasto memamerkan biji kopi yang dibawa dari perkebunan kopi di Bandung. "Di Bandung banyak tanaman kopi. Ditanam di dataran tinggi sekitar 1.700 - 1.800 meter dpl dan butuh pohon naungan. Kalau kopi di Bandung rasanya asam, dan itu juga menang kopi terbaik di dunia" ujar Hasto.

Meski baru pertama kali hadir ke kelas kopi yang diadakan detikFood ini, tetapi mereka mengaku sangat terkesan dengan ilmu yang dibagikan dari Indonesian Coffee Academy. Hal serupa juga diungkapkan oleh Boni, asal Bintaro.

Ini Komentar Peserta yang Semangat Banget Pelajari Kopi IndonesiaFoto: dok. detikFood

"Kelas kopi tadi sangat bagus jadi bisa ngerti tentang kopi. Ada bimbingan buat mengenal kopi. Kalau untuk buat bisnis kopi itu belum terpikir. Tapi, ada planning ikut kelas barista untuk ke depannya" ujar Boni yang juga pertama kalinya dia mengikuti kelas kopi.

Baca juga : Terus Berevolusi, Kopi Jadi Tren dan Bisnis Menjanjikan di Indonesia


(adr/odi)