Indonesian Coffee Class

Bisnis Kafe hingga Belajar Meracik Kopi Diungkap Lengkap

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 20 Okt 2018 10:40 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Kopi bukan lagi sekedar minuman, tapi sudah jadi ke gaya hidup. Di workshop ini seluk-beluk bisnis kafe hingga biji kopi diungkap lengkap.

Popularitas kopi di Indonesia kian meningkat, kopi kini menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Banyaknya penggemar kopi, menjadi salah satu alasan berjamurnya kafe kekinian saat ini.
Bisnis Kafe hingga Belajar Meracik Kopi Diungkap LengkapFoto: detikFood
Baca Juga: Ingin Buka Kafe? Gabung Segera di 'Coffee and Cafe Workshop"

detikFood kembali menggelar acara 'Coffee and Cafe Workshop', yang berkerja sama dengan Indonesian Coffee Academy dan didukung oleh Modena Indonesia.

Bertempat di MODENA Experience Center Suryo, workshop ini akan terbagi dalam dua hari dengan materi yang berbeda. Di hari pertama workshop ini akan membahas latar belakang bisnis kafe di Indonesia, jenis-jenis kopi terbaik, hingga menu kafe yang digemari masyarakat.

"Hari ini kita akan memulai sesi workshop coffee, ini merupakan kerjasama dengan Indonesian Coffee Academy dan Modena untuk keselian kalinya. Belakangan ini kopi sangat booming, kami ingin mengajak semua pencinta kopi dan yang ingin membuka bisnis kopi untuk bergabung di kelas ini. Beberapa tahun yang lalu kita tidak yakin apakah ada yang mau datang ke kelas kopi, tapi kini peminat kopi di Indonesia semakin banyak," tutur Odilia, Managing Editor detikFood saat membuka acara Coffee and Cafe Workshop ini.
Bisnis Kafe hingga Belajar Meracik Kopi Diungkap LengkapFoto: detikFood
"Sekarang lagi seru-serunya tentang kopi, perkembangan kopi di Indonesia dua kali lebih cepat dibandingkan perkembangan kopi di dunia. Sehingga peluang bisnis kopi di Indonesia semakin besar, sehingga sudah saatnya menguatkan pasar kopi dengan kopi dari Indonesia di negara kita sendiri," jelas Irvan Helmi dari Indonesian Coffee Academy kepada detikFood (20/10).

Selain menggali lebih dalam tentang prospek bisnis kafe di Indonesia. Para peserta workshop akan diajak langsung untuk belajar lebih dalam tentang kopi.

Salah satunya belajar cupping beberapa jenis kopi lokal di Indonesia, kemudian mengenal jenis brewing dengan mesin atau manual. Terakhir ada acara tasting kopi dari peralatan brewing yang berbeda.
Bisnis Kafe hingga Belajar Meracik Kopi Diungkap LengkapFoto: detikFood
"Kuncinya agar semua materi ini bisa terserap dengan mudah, caranya hanya satu, yaitu relax. Jangan dibawa susah, karena tidak ada orang yang langsung ahli dalam bidang kopi, semuanya pasti membutuhkan belajar dan latihan. Jadi workshop coffee hari ini memang untuk belajar dan saling sharing," lanjut Irvan yang sudah bergelut di bidang kopi sejak lama.


Tonton video: Wow! Bermodalkan Rp 80 Juta Sudah Bisa Buka Kedai Kopi

[Gambas:Video 20detik]



Antusiasme atas Coffee and Cafe Workshop hari ini terlihat dari para peserta yang sudah datang sejak pagi hari. Ada lebih dari 30 peserta dari berbagai kalangan pencinta kopi dan pebisnis yang hadir.

Nah, bagi Anda yang tidak bisa hadir, Anda bisa menyimak artikel Indonesian Coffee Class hari ini di detikFood.

Baca Juga: Buat Anda yang Mau Buka Kafe, Wajib Gabung di Sini (dvs/odi)