Indonesian Tea Class

Serunya Belajar Teknik 'Cold Brew' hingga Meracik Teh ala Cafe

Sonia Permata Basoni - detikFood Minggu, 29 Okt 2017 06:01 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Kelas teh kali ini membahas lebih dalam teknik cold brew, tren teh masa kini. Para peserta bisa langsung mendapat ilmu dari pakar teh. Bagaimana kesan mereka?

Untuk yang kelima kalinya, pada Sabtu (28/17) detikFood yang didukung oleh Teh 2Tang kembali menyelenggarakan 'Indonesian Tea Class' di Almond Zucchini Cooking Stuido Jakarta Selatan.

Kelas yang dipandu oleh Ratna Somantri selaku pakar teh Indonesia, kembali dipenuhi oleh peminat teh di Indonesia. Para peserta menyimak dengan antusias penjelasan tentang teh Indonesia.

Baca Juga : Tidak Hanya Kopi, Teh Juga Bisa Diseduh dengan Teknik Cold Brew
Serunya Belajar  Teknik 'Cold Brew' hingga Meracik Teh ala CafeFoto: detikfood


Peserta yang datang pun berasal dari kalangan beragam, ada yang pemilik restoran sate, penggiat teh, hingga wirausaha yang berencana untuk membuka kafe teh. Di sini para peserta bisa langsung bertanya kepada Ratna Somantri mengenai jenis teh, hingga metode penyeduhan teh yang baik dan benar. Ratna juga mengajak para peserta untuk melihat lebih dekat teh yang disajikan, dengan mencicipi semua racikan teh yang dibuat.

"Saya adalah pemilik restoran sate kambing muda di wilayah Kemayoran, saya juga pembaca setia detikcom. Ketika melihat event ini, saya tertarik untuk hadir, karena hampir dari seluruh pengunjung restoran saya selalu memesan teh. Sehingga saya ingin mendalami tentang teh sendiri, agar bisa saya aplikasikan ke dalam menu teh di restoran saya. Penjelasan Ibu Ratna juga sangat menarik dan mudah untuk dimengerti oleh orang awam yang tak terlalu mengerti teh." ungkap Ahmad Firmansyah, peserta asal Jakarta.
Serunya Belajar  Teknik 'Cold Brew' hingga Meracik Teh ala CafeFoto: detikfood


Selain itu ada Agnes, peserta asal Jakarta yang memiliki hobi membuat teh di rumah, dan menggiati ilmu teh sejak dulu. "Saya memang suka sekali dengan teh, saya memiliki alat-alat untuk membuat teh di rumah. Selain kecintaan saya terhadap teh, saya juga suka berkreasi meracik teh untuk saya sajikan ke teman-teman saya. Ini pertama kalinya saya ikut Tea Class, dan saya mendapatkan banyak pengetahuan tentang teh yang belum saya tahu. Tentu saya sangat tertarik untuk mengikuti Tea Class lainnya."

Serunya Belajar  Teknik 'Cold Brew' hingga Meracik Teh ala CafeFoto: detikfood

Peserta lainnya, ada Gita, seorang interpreneur muda yang akan menjajal bisnis kafe di Jakarta dengan mengangkat teh sebagai menu utama di kafenya. "Saya berencana untuk membuka bisnis kafe dengan teman saya, dan saya tertarik sekali mengikuti Tea Class ini untuk saya aplikasikan ke kafe saya nanti. Ibu Ratna juga memberikan banyak inspirasi untuk menu teh yang bisa digunakan sebagai menu kafe nanti," tutur peserta berusia 29 tahun asal Jakarta tersebut.

Selain sesi tanya jawab Indonesian Tea Class kali ini juga ditutup dengan pembagian hadiah doorprize kepada peserta yang beruntung, berupa Free Training meracik 5 minuman teh secara privat dengan Ibu Ratna Somantri. Satu buah smartphone, dua buah voucher belanja senilai satu juta, dan tiga buah hadiah dari Pantry Magic. (odi/odi)