Indonesian Tea Class

Tidak Hanya Kopi, Teh Juga Bisa Diseduh Dengan Teknik 'Cold Brew'

Sonia Permata - detikFood Sabtu, 28 Okt 2017 15:25 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Teknik cold brew lebih dikenal dalam teknik penyeduhan kopi. Ternyata teh juga bisa diseduh dengan teknik ini.

Biasanya teh identik dengan air panas untuk melayukan daun teh dan mengeluarkan aroma harumnya. Akan tetapi seiring berkembangnya tren, banyak penikmat teh yang mulai menggemari teh dingin.

Tidak Hanya Kopi, Teh Juga Bisa Diseduh Dengan Teknik 'Cold Brew'Foto: Detikfood


Berbeda dengan es teh biasa, proses pembuatan cold brew ini tidak menggunakan air panas sama sekali. Melainkan daun atau bubuk teh diseduh menggunakan air biasa.

"Dengan tren yang ada, minuman teh ini memiliki teknik penyeduhan dan penyajian yang beragam. Sehingga meracik teh sendiri mirip seperti bartender yang mengeluarkan kreasi minuman baru. Salah satu teknik penyajian teh yang tengah digemari adalah cold brew," jelas Ratna Soemantri di Indonesian Tea Class yang diselenggarakan oleh detikFood bersama Teh 2Tang, di Almond Zucchini Cooking Studio Jakarta Selatan (28/17).

Teknik ini disebut cold brew tea. Cold brew tea adalah sebuah proses menyeduh teh dengan memakai air biasa bukan air panas, dan itu menghasilkan rasa yang yang tidak kalah enak dari teknik hot brew.

Tidak Hanya Kopi, Teh Juga Bisa Diseduh Dengan Teknik 'Cold Brew'Foto: Detikfood


Pada dasarnya cold brew tea ini merupakan teknik penyeduhan teh menggunakan air biasa dimana teh dibiarkan steeping secara perlahan selama berjam-jam tergantung jenis teh yang digunakan. Rasa teh dengan proses cold brew umumnya lebih manis, tidak ada rasa pahitnya karena rasa pahitnya tidak ikut terekstrak seperti ketika kita melakukan brewing dengan air panas.

"Cold brew memiliki karakteristik rasa yang unik, tapi itu sendiri tergantung dari jenis teh yang digunakan," lanjut Ratna.

Akan tetapi tidak semua jenis teh bisa dipadukan menggunakan teknik cold brew tea.

"Contohnya, green tea asal Indonesia sangat tidak cocok menggunakan teknik cold brew karena, rasanya kurang kuat jika diseduh dengan air dingin. Dan kebalikannya, jika green tea sinesis menggunakan teknik cold brew maka rasanya akan enak dan menyegarkan." Jelas Ratna, ketika ditanya jenis teh apa yang tidak cocok menggunakan metode cold brew.

Pembuatan teh dengan teknik cold brew terbilang mudah dan praktis. Teh ini bisa dibuat dengan menaruh dalam wadah lalu ditaruh dalam kulkas selama 6-12 jam. Jenis teh Jepang cocok untuk minuman ini, namun Ratna menambahkan bahwa teh hitam asal Indonesia terutama tipe CTC juga cocok untuk diseduh dingin maupun panas.

Tidak Hanya Kopi, Teh Juga Bisa Diseduh Dengan Teknik 'Cold Brew'Foto: Detikfood


"Jenis teh cold brew ini sudah mulai banyak dijual dalam kemasam. Juga teh cold brew ini bisa bertahan hingga berminggu-minggu di dalam kulkas, tanpa perlu bahan pengawet, karena daun teh telah diangkat sehingga air teh menjadi lebih awet," tambahnya.

Para peserta juga diajak untuk mencicipi antara teh hot brew dan cold brew, agar bisa membedakan dua rasa berbeda dari jenis teh yang sama.

"Dalam segi rasa, keduanya memiliki citarasa dan karakteristik yang berbeda. Tapi itu semua tergantung selera," ungkap Ratna. Ternyata banyak peserta yang memilih teh dengan teknik cold brew maupun hot brew. (msa/odi)