Ini Sega Godhog, Kuliner Nasi Rebus Khas Jogja dengan Isian Lengkap

ADVERTISEMENT

Ini Sega Godhog, Kuliner Nasi Rebus Khas Jogja dengan Isian Lengkap

Paradisa Nunni Megasari - detikFood
Sabtu, 07 Jan 2023 11:30 WIB
Kuliner sega godhog khas Jogja
Foto: Instagram ab_poer
Yogyakarta -

Di Jogja ada kuliner nasi unik berupa nasi rebus. Sesuai namanya, nasi ini direbus bersama kuah dan diberi isian lengkap. Begini keunikannya.

Belum banyak orang tahu soal kuliner unik di Jogja, sega godhog. Dinamai dengan bahasa Jawa, nama kuliner tersebut berarti "nasi rebus" dalam bahasa Indonesia.

Sega godhog populer dikonsumsi warga lokal Jogja saat sedang masuk angin. Mengonsumsinya konon bisa mengatasi penyakit masuk angin.

Tak sekadar jadi makanan 'penyembuh', seiring waktu sega godhog juga makin digemari warga lokal atau wisatawan sebagai makanan sehari-hari. Di Jogja bahkan ada rumah makan spesialis penyaji sega godhog.

Namanya Sega Godhog Pak Pethel yang terletak di Ngaglik, Pendowoharjo, Sewon, Bantul. Rumah makan ini selalu ramai dikunjungi pembeli baik dari dalam maupun luar kota yang penasaran dengan cita rasa kuliner unik ala Jogja ini.

Dalam semangkuk sega godhog di restoran ini terdiri dari, nasi, bihun, daging ayam, telur serta sayur. Bagi pecinta pedas pun tak perlu khawatir karena menu sega godhog ini juga nikmat apabila disajikan dengan rasa pedas nendang.

Ciri khas dari sega godhog Pak Pethel ini adalah cara memasaknya yang masih menggunakan alat tradisional, yaitu anglo.

Kuliner sega godhog khas JogjaKuliner sega godhog khas Jogja Foto: Instagram dionysiaestiningsih

Sega godhog Pak Pethel juga menyediakan dua jenis mangkuk sega godhog, yaitu mangkuk standar untuk pelanggan yang ingin membeli porsi biasa. Sementara itu, bagi pelanggan yang ingin membeli dengan tambahan lauk, seperti ceker, kepala, dan ati ampela akan disajikan dengan mangkuk ukuran jumbo.

Tak hanya itu, pelanggan yang ingin memesan setengah porsi pun diperbolehkan, mengingat semangkuk sega godhog ini memiliki porsi yang cukup banyak.

Sega godhog Pak Pethel juga tidak menyediakan minuman dingin, di sini hanya tersedia minuman panas yang disajikan dengan menggunakan gula batu.

Bagi yang tertarik ingin mencoba menu unik ini, hanya cukup membayar Rp13.000 saja apabila membelinya di sega godhog Pak Pethel, Bantul, Jogja.

Baca artikel selengkapnya DI SINI.



Simak Video "Jelajah Sumatera, Telisik Lebih Dalam Suku Anak Dalam"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT