Festival Kopi Nusantara di Bondowoso Cari Barista Terbaik di Indonesia

ADVERTISEMENT

Festival Kopi Nusantara di Bondowoso Cari Barista Terbaik di Indonesia

Chuk S Widarsha - detikFood
Sabtu, 26 Nov 2022 10:30 WIB
Festival Kopi Nusantara Bondowoso.
Foto: Chuk S Widarsha
Bondowoso -

Festival Kopi Nusantara (FKN) resmi digelar di Bondowoso, Jawa Timur. Barista dari berbagai kota di Indonesia kumpul untuk berkompetisi merebutkan gelar terbaik!

Barista peserta kompetisi FKN berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan; Temanggung, Jawa Tengah; Batam, hingga beberapa kota di Jawa Timur. Mereka siap berkompetisi dengan membawa alat dan biji kopi sendiri.

Ada 3 kategori yang dilombakan untuk para barista. Ketiganya adalah manual brewing, cup tester, serta cita rasa kopi yang dihasilkan sentra kopi di nusantara.

Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Bondowoso menjelaskan kompetisi barista digelar sebagai bagian dari Festival Kopi Nusantara (FKN) di Bondowoso.

Festival Kopi Nusantara Bondowoso.Festival Kopi Nusantara Bondowoso diikuti puluhan barista dari berbagai kota Indonesia. Foto: Chuk S Widarsha

"Ini sebagai langkah untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat di bidang kopi. Karena kopi sudah menjadi kebutuhan yang disukai masyarakat di seluruh dunia," kata Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Bondowoso Hendrik Widotono saat dikonfirmasi di lokasi festival, Jumat (25/11/2022).

Ia juga mengatakan penanganan biji kopi bukan hanya di hilir atau di pasaran, tapi juga di sektor hulu. Caranya dengan memilih biji kopi yang diminati pasar. Menurutnya, hulu dan hilir harus sama-sama ditangani dengan baik.

Juri dalam kompetisi meramu kopi ini di antaranya dari Pusat Penelitian Koka (kopi dan kakao) Jember, serta dari pihak PTPN XII.

Kegiatan Fun Cupping dalam acara Medan Fusion Culinary 2022.Cupping jadi salah satu kompetisi yang digelar. Ilustrasi foto: (Kartika/detikSumut)

Dewan juri kemudian menilai satu persatu kopi hasil racikan para barista papan atas ini. Para peserta berkompetisi dalam meramu, menguji cita rasa kopi, hingga mencampur kopi dan siap disajikan.

Selama 2 hari ke depan para barista asal sejumlah daerah di Indonesia dan memang peracik kopi jempolan tersebut berkompetisi untuk menyajikan hasil racikan kopinya. Seduhan kopi itu lantas dinilai oleh dewan juri.

Baca artikel selengkapnya DI SINI.



Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Kopi Toraja Secara Tradisional"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT