GoFood Hadirkan 12 UMKM Kuliner Lokal Top Bali Unjuk Gigi di KTT G20

ADVERTISEMENT

GoFood Hadirkan 12 UMKM Kuliner Lokal Top Bali Unjuk Gigi di KTT G20

Atta Kharisma - detikFood
Jumat, 18 Nov 2022 07:04 WIB
GoFood di KTT G20
GoFood Hadirkan 12 UMKM Kuliner Lokal Top Bali Unjuk Gigi di KTT G20 (Foto: GoFood)
Jakarta -

Sebagai pemimpin dan ahli layanan online food delivery di Indonesia, GoFood semakin memperkuat komitmennya untuk mendukung UMKM kuliner lokal. Kali ini, GoFood menghadirkan Petualangan Kuliner-Juara Lokal, sebuah kurasi resto pilihan yang berisikan rekomendasi berbagai menu favorit khas kota-kota di Indonesia.

Kurasi yang berisikan para Juara Lokal GoFood ini nantinya dapat diakses di halaman utama GoFood dalam aplikasi Gojek. Sehingga, para pelanggan dapat dengan mudah mendapatkan berbagai rekomendasi UMKM kuliner terbaik di kotanya. Petualangan Kuliner Juara Lokal GoFood dimulai di Bali dan akan menjangkau ke kota-kota lain di Indonesia.

Selain menghadirkan Petualangan Kuliner-Juara Lokal, GoFood juga mendukung UMKM kuliner lokal makin eksis di panggung dunia lewat GoFood Culinary Bazaar G20. Melalui kegiatan ini, GoFood bersama Kementerian Koperasi dan UKM RI serta Smesco Indonesia menghadirkan beragam UMKM kuliner lokal Bali pada side event KTT G20 dalam Future SMEs Village.

GoFood Hadirkan 12 UMKM Kuliner Lokal Top Bali Unjuk Gigi di KTT G20GoFood Hadirkan 12 UMKM Kuliner Lokal Top Bali Unjuk Gigi di KTT G20 (Foto: GoFood)

Kegiatan ini turut dihadiri secara langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki dan didampingi CEO GoTo Andre Soelistyo.

Terdapat 12 UMKM kuliner lokal Bali yang berpartisipasi dalam ajang ini. UMKM tersebut telah melalui proses kurasi dengan kriteria rekomendasi hidangan khas kota favorit dan mitra usaha yang memiliki spesialisasi dalam hidangan yang dipasarkan.

Adapun kedua belas UMKM tersebut antara lain 2080 Burgers, Remix Juice, Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, WAHAHA, Ayam Plecing Kampung, Babi Guling Pak Malen, Bali Boozy, Pie Susu Sisy, Pison Coffee, Sabo (Sate Ayam Babi Oka), Bali Banana dan Sauce Tree.

Andre menyampaikan bahwa GoFood Culinary Bazaar merupakan salah satu upaya Grup GoTo dalam memperkenalkan kuliner lokal dan pelaku UMKM kuliner ke dunia internasional. Ajang ini juga membuka peluang bagi para pengusaha UMKM kuliner Bali untuk dapat memperkenalkan makanan favorit daerahnya kepada delegasi KTT G20 dan panggung dunia.

"Ekosistem GoTo berkomitmen untuk turut mendukung kesuksesan KTT G20 melalui berbagai rangkaian inisiatif, salah satunya lewat GoFood Culinary Bazaar yang menampilkan jajaran UMKM kuliner asli Bali, berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI serta Smesco Indonesia. Kolaborasi ini sejalan dengan misi GoTo untuk mendorong kemajuan UMKM Indonesia," ujar Andre dalam keterangan tertulis, Kamis (17/11/2022).

"Harapannya melalui partisipasi GoFood di KTT G20, para pelaku UMKM kuliner kita semakin sukses, makin dikenal serta mendapat apresiasi di salah satu perhelatan internasional paling penting di tahun 2022 ini," sambungnya.

Sementara itu, pemilik usaha Nasi Ayam Kedewataan Ibu Mangku Sang Made Hery Krisnaloka mengaku senang bisa hadir dan memperkenalkan makanan tradisional Bali di KTT G20.

"Kami sangat senang menjadi salah satu resto UMKM lokal yang masuk ke dalam Petualangan Kuliner - Juara Lokal GoFood sehingga kami dapat berkesempatan untuk membuka booth GoFood Culinary Bazaar pada 10 hingga 16 November. Lewat booth di GoFood Culinary Bazaar, kami mendapatkan antusiasme yang sangat positif. Banyak dari delegasi domestik dan luar negeri yang datang ke booth kami. Khususnya delegasi dari India yang sering mencoba Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku," terangnya.

"Tercatat penjualan Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku terus naik, rata-rata setiap harinya terjual 100 porsi dengan omzet mencapai Rp 6 juta. Bahkan kami juga mendapatkan permintaan pesanan sebanyak 60 porsi per harinya untuk perusahaan dalam negeri," lanjutnya.

Selain kegiatan ini, GoFood juga terus berupaya menghubungkan mitra UMKM kuliner dengan basis pelanggan GoFood yang loyal dan berkualitas. Mulai dari fitur UMKM GoFoodieland tile yang mendorong eksposur resto UMKM kuliner ke pelanggan terdekat, fitur Mode Hemat yang dapat memungkinkan pelanggan di kota Bandung dan Medan untuk mendapatkan gratis ongkir dari UMKM terdekat, berkolaborasi bersama BTS untuk menarik lebih banyak pelanggan serta hadirnya GoFood di Tokopedia yang membantu UMKM kuliner memperoleh eksposur dan dipesan oleh pelanggan Tokopedia.

(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT